Plugin Terbaik Untuk Blog WordPress

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Plugin Terbaik Untuk Blog WordPress

Plugin WordPress Terbaik – Inilah keunggulan dari Platfrom wordpress self hosted (berbayar) dibandingkan dengan platfrom lainnya. Platfrom wordpress memanjakan penggunanya dengan menyediakan ribuan plugin gratis maupun berbayar yang bertujuan untuk keperluan website, mulai dari plugin untuk design, plugin untuk content, plugin untuk keamanan, hingga untuk keperluan SEO. Cara menggunakan plugin pun sangatlah mudah yaitu dengan cara install dan menyetingnya.

Namun, karena banyaknya plugin yang tersedia membuat pengguna wordpress bingung untuk memilih plugin yang benar-benar berguna sesuai kebutuhannya. Nah, diartikel kali ini saya akan membahas plugin terbaik untuk blog wordpress, supaya anda mudah menentukan plugin mana yang hendak dipilih sesuai dengan kebutuhan website anda.

Perlu diperhatikan. Jangan install plugin secara berlebihan karena akan berdampak buruk terhadap loading website dan memakan banyak sumber daya cpu di dalam hosting. Selain itu jangan menginstall plugin yang tidak jelas dalam arti review dari pelanggannya buruk dan sudah lama tidak diupdate karena bisa jadi plugin tersebut berisikan script jahat yang berguna untuk merusak sistem wordpress anda.

Berikut ini plugin terbaik untuk blog wordpress:

Plugin untuk Keperluan SEO

Seperti yang telah saya jelaskan di artikel sebelumnya “Apa itu SEO & Apa manfaatnya” bahwa seo sangat penting untuk website anda, banyak sekali cara memaksimalkan SEO pada sebuah website salah satunya dengan memakai plugin. Plugin berikut ini sudah terbukti manfaatnya dan sudah digunakan oleh banyak pengguna wordpress.

  • Yoast SEO

Plugin ini merupakan plugin terbaik dan gratis yang bertujuan untuk mengoptimalkan SEO, dengan cara memasukan judul kata kunci konten, memasukan meta diskripsi, dan untuk mengetahui kekuatan SEO yang telah anda terapkan di suatu postingan wordpress. Selain itu plugin ini juga memiliki fitur untuk title & meta, webmaster, sosial media, peta situs xml, dan masih banyak lagi.

  • Google XML Sitemaps

Plugin ini sebenarnya sudah ada di fitur Yoast SEO namun saya lebih suka memakai sitemap dengan plugin ini. Sitemap adalah istilah dari sturktur sebuah website, sitemap memiliki dua versi yaitu sitemap html yang berfungsi untuk dilihat oleh pengunjung dan sitemap xml yang berfungsi untuk dilihat oleh search engine. Dengan menggunakan plugin ini maka website anda memiliki file otomatis dengan nama akhiran xml sehingga membuat konten website mudah untuk di indeks oleh mesin pencari atau search engine.

  • SEO Friendly Image

Seperti namanya SEO Friendly Image yang bertujuan untuk mengoptimalkan SEO yang berbentuk gambar. Dengan menggunakan plugin ini maka dapat membantu anda menambahkan pengunjung dari mesin pencarian gambar di google.

Artikel Terkait : 5 Halaman Penting Untuk Keperluan Website

Plugin untuk Keamanan

Keamanan dalam suatu website sangatlah penting karena tanpa adanya keamanan maka bisa jadi website anda mudah diretas oleh orang lain. Banyak cara untuk mengamankan website, mulai dari membuat script yang ditanamkan ke server, script yang ditanamkan di wordpress, dan lainnya. Namun, jika anda tidak mengerti tentang coding-coding script atau bahasa program maka solusinya dengan menggunakan plugin.

  • Wordfence Security

Plugin ini memiliki berbagai fitur untuk keamanan website anda, mulai dari scan, melihat traffic pengunjung, melihat pengunjung apakah ada yang mencoba masuk di wp-admin, dan dapat memblokir ip address pengunjung yang anda anggap mengganggu kenyamanan.

  • WP Limit Login Attempts

Plugin ini memiliki fitur yang sangat bagus untuk keamanan, mulai dari memblokir hacker robot atau manusia yang mencoba login ke wordpress, dengan cara memberi batas maksimum login jika ada kesalahan dalam memasukan username dan password, selain itu plugin ini juga memiliki fitur memasukan kode di halaman wp-admin sebelum login sehingga dapat mencegah robot jahat buatan heacker yang mencoba login di wordpress anda.

Menurut saya, plugin wordfence security sangat bagus jika dipadukan dengan plugin wp limit login attempts karena ketika ada pengunjung yang mencoba login di wordpress anda dan dia salah memasukan username sekali saja, maka anda dapat melihat report dari plugin wordfence security dan anda bisa langsung memblokir ip address orang tersebut.

  • ScrapeBreaker

Keamanan dalam website bukan hanya tentang data login namun juga tentang keamanan konten dan jumlah traffic atau pengunjung. Kenapa saya bilang keamanan konten dan jumlah pengunjung? Karena konten dan jumlah pengunjung yang anda miliki dapat dicuri oleh hacker dan di masukan ke dalam website si hacker dengan cara memasukan script ke website anda atau menggunakan plugin sehingga si hacker dapat mencuri konten dan mencuri pengunjung dari website anda. Kasus seperti ini banyak dialami oleh blogger yang sudah memiliki banyak konten dan ribuan pengunjung perharinya. Nah, solusi dari masalah ini adalah dengan menginstall plugin ScrapeBreaker.

  • FD Feedburner Plugin

Konten adalah inti dari kesuksesan sebuah website. Pasti anda tidak mau jika konten yang telah anda tulis dengan susah payah dicuri oleh orang lain. Seseorang dapat mencuri konten anda dengan berbagai cara misalnya, mengcopy konten dalam website anda dan dipaste ke website si pencuri, hingga mencuri konten anda di dalam feed.

Setiap website yang belum menginstal plugin ini pasti bisa diakses melalui feed, sebagai contoh silakan anda akses website anda dengan cara berikut: namadomainanda.com/feed. Setelah anda akses maka akan muncul halaman feed yang dimana terdapat berbagai postingan anda, nah di halaman tersebut seseorang dapat dengan mudah mencuri konten website anda.

Solusinya silakan anda install plugin FD Feedburner supaya ketika ada seseorang yang masuk ke dalam feed anda, maka yang mucul adalah halaman utama website anda, sebagai contoh silakan anda buka waladala.com/feed maka muncul halaman depan website saya.

Setelah anda install plugin ini bukan berarti konten anda aman dari pencurian karena si pencuri masih bisa mencuri konten dengan dua cara yaitu dengan copy paste dan menulis ulang. Jika ketahuan dia copy paste konten yang anda miliki maka anda bisa melaporkannya ke DMCA. DMCA adalah situs untuk melaporkan pencurian konten dan akan memblokir situs seseorang yang telah mencuri konten anda.

  • Akismet

Komentar spam sangat berdampak buruk bagi sebuah website, dan pasti mengganggu kenyamanan baik pengunjung maupun diri anda sendiri. Solusi untuk menahan komentar spam adalah dengan install plugin Akismet. Plugin ini mampu mengamankan website dari komentar-komentar spam dengan cara menahan komentar spam dari robot maupun manusia ke dalam laporan komentar spam dan anda dapat menghapus komentar tersebut yang tersedia di laporan komentar spam yang anda terima.

Plugin untuk Mengoptimalkan Kecepatan Website

Kecepatan saat mengakses website adalah salah satu faktor yang membuat pengunjung merasa nyaman untuk mengaksesnya, dan untuk mendatangkan banyak pengunjung ke website yang kita miliki.

Banyak pengunjung yang pada akhirnya menutup browser karena website yang dituju memiliki loading yang sangat lambat, tentunya berdampak buruk terhadap trafik yang anda terima. Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan kecepatan website salah satunya dengan plugin. Berikut plugin tersebut:

  • WP-Optimize

Wp-Optimize adalah plugin yang berfungsi untuk mengoptimalkan database, juga untuk menghapus semua revisi posting, komentar spam, dan lainnya. Dengan menggunkan plugin ini maka dapat mempercepat loading website.

  • WP Smush

Plugin ini berfungsi untuk mengecilkan (meng-kompress) ukuran gambar yang tersedia di dalam website anda. Dengan menggunakan plugin ini maka dapat mempercepat loading website karena tidak terlalu besar gambar yang ada didalam website anda.

  • WP Super Cache

WP Super Cache berfungsi untuk menghapus cache yang berada di dalam website anda, dan untuk meningkatkan performa website supaya lebih cepat diakses oleh pegunjung.

  • WP Minify Fix

Jika theme website anda banyak menggunakan css, java script, js, dan html maka plugin ini sangat penting untuk anda install karena plugin ini berfungsi untuk mengkompress file-file css, java script, js, html, dan sejenisnya sehingga dapat mempercepat loading website anda.

Plugin untuk Sosial Media

Seperti yang kita ketahui bahwa sosial media adalah tempat promosi yang paling jitu, gratis, dan mudah. Dengan memanfaatkan sosial media sebagai tempat promosi maka membuat website anda dikenal oleh masyarakat luas bahkan dikenal oleh seluruh dunia. Berikut ini plugin sosial media yang bisa anda gunakan:

  • Digg-Digg

Plugin ini memiliki fitur floating dan hampir memiliki semua tombol share media sosial.

  • AddToAny Share Buttons

Plugin ini memiliki tombol share yang besar dan bisa menempatkannya di berbagai lokasi, misalnya di atas artikel, di bawah artikel, di samping artikel, bahkan memiliki fitur floating, sehingga membuat pengunjung dengan mudah berbagi artikel yang kita miliki.

Plugin untuk Artikel Terkait

Artikel terkait yang terletak di dalam posting berfungsi untuk membuat pengunjung membaca semua artikel yang kita miliki, Artikel terkait juga berfungsi untuk SEO, dan berfungsi untuk mengurangi tingkat bounce rate dalam situs anda. Berikut ini plugin related post yang bisa anda gunakan:

  • Jetpack by WordPress.com

Plugin ini sangat populer, karena memiliki berbagai fitur yang menakjubkan antara lain related post. Cara menggunakan plugin ini pun sangatlah mudah. Saya jamin ketika anda menggunakan plugin ini anda akan jatuh cinta pada pandangan pertama karena berbagai fitur yang dimilikinya. Namun kelemahan dari plugin ini memakan banyak resource di cpu hosting anda.

  • WordPress Related Posts

Plugin ini menjadi idola para blogger karena dapat menampilkan link artikel terkait dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar maupun teks.

Artikel Terkait : Pengertian Hosting, Lengkap

Sebenarnya masih banyak lagi plugin yang bisa anda gunakan, namun saya sarankan anda memilih plugin yang benar-benar anda butuhkan seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Ketika anda menginstall banyak plugin ada baiknya anda tes ukuran plugin yang anda gunakan dengan memakai plugin P3 (Plugin Performance Profiler) setelah anda melakukan tes maka anda akan menemukan beberapa plugin yang memakan banyak resource, nah lebih baik anda hapus plugin yang banyak memakan resource tersebut supaya loading wesite anda tidak lambat.

Sampai disini artikel kali ini. Semoga dapat membantu anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *