Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan di Webmaster

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan di Webmaster

Seperti yang kita ketahui bahwa Google Webmaster Tools merupakan komunikasi kita/para blogger dengan google. Jika website tidak terhubung dengan webmaster maka website tidak sepenuhnya terindex google. Berbagai fitur yang ada di dalam webmaster berfungsi untuk meningkatkan kinerja SEO baik untuk versi desktop maupun mobile.

Para pakar SEO selalu memperbaiki segala kesalahan yang terdapat di dalam webmaster supaya websitenya dapat menduduki peringkat 1-10 di dalam mesin pencarian google. Lalu, kesalahan apa saja yang mereka perbaiki? Banyak sekali, seperti kesalahan perayapan, masalah data terstruktur, duplikat konten, kebergunaan seluler, sumber daya yang diblokir dan lainnya. Berbagai kesalahan tersebut jika tidak segera di perbaiki dapat berakibat fatal untuk website anda seperti sebagian konten artikel tidak dirayapi oleh google, bahkan website anda bisa hilang di dalam mesin pencarian google jadi segera perbaikilah jika ada kesalahan di dalam webmaster anda.

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara memperbaiki kesalahan perayapan di webmaster namun jika website anda belum terhubung dengan google webmaster tools silakan anda hubungkan dan jika anda belum mengetahui caranya silakan anda baca artikel yang telah saya buat “Cara Mendaftarkan Website ke Google Webmaster Tools”.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan perayapan antara lain karena broken link/link rusak, ada link artikel yang belum di masukan ke google/ambil sebagai google, link yang telah di hapus tidak melalui webmaster, dari robots.txt yang melarang google untuk merayapinya, dan sebagainya. Jika anda saat ini mengalami kesalahan perayapan dengan kode tanggapan 404 maka segeralah perbaiki kesalahan tersebut karena 404 termasuk halaman yang tidak ditemukan.

Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan di Webmaster

Langkah pertama silakan anda masuk ke akun webmaster, setelah itu pilih menu perayapan dan klik kesalahan perayapan, lebih jelasnya lihat gambar.

Klik untuk melihat gambar »

kesalahan-perayapan

Dari gambar di atas terdapat kode tanggapan 404 yang berarti halaman tidak ditemukan dan untuk memperbaikinya adalah dengan cara menghapus URL tersebut dengan cara pilih menu Google Indeks, klik Hapus URL, klik sembunyikan sementara dan masukan link yang hendak anda hapus, kemudian klik terus. Lihat gambar.

Klik untuk melihat gambar »

hapus-url

Ketika anda klik terus maka akan muncul halaman baru untuk memilih jenis permintaan penghapusan silakan anda pilih “Sembunyikan laman dari hasil penelusuran dan hapus dari cache untuk sementara” dan klik kirim permintaan. Lihat gambar.

Setelah anda klik kirim permintaan maka status dari penghapusan URL masih “tertunda” setelah google merayapi ulang situs anda maka statusnya akan berubah menjadi telah dihapus. Biasanya memerlukan waktu 1×24 jam untuk robot google merayapi situs anda.

Perhatikan sebelum menghapus link tersebut ada baiknya anda periksa link tersebut di kesalahan perayapan apakah benar-benar tidak ditemukan atau anda belum masukan melalui ambil sebagai google. Jika belum maka silakan anda klik link tersebut dan klik ambil sebagai google. Lebih jelasnya lihat gambar.

Klik untuk melihat gambar »

ambil-sebagai-google

Jika anda telah melakukan semua cara di atas maka langkah terakhir silakan anda kembali ke kesalahan perayapan kemudian klik link yang tidak ditemukan dan klik “tandai sebagai telah di perbaiki”. Lihat gambar.

Klik untuk melihat gambar »

sudah-diperbaiki

Baca juga Artikel : Apa Itu SEO & Apa Manfaatnya Bagi Pelaku Bisnis Online

Selamat anda telah memperbaiki segala kesalahan perayapan, untuk memastikan bahwa tidak ada lagi kesalahan perayapan silakan anda buka webmaster esok harinya. Demikian artikel kali ini semoga dapat membantu anda, jika ada yang hendak ditanyakan silakan kirim komentar di bawah ini 🙂

22 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *