SEO On Page – Cara Optimasi SEO Pada Gambar di WordPress

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

SEO On Page – Cara Optimasi SEO Pada Gambar di WordPress

Seperti yang telah saya jelaskan di artikel sebelumnya bahwa SEO (Search Engine Optimization) memiliki dua kelompok proses yang selalu berkaitan yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Jika anda melakukan kedua Proses tersebut dengan benar maka yang akan anda dapatkan adalah Top 10 di mesin pencarian.

SEO On Page adalah cara mengoptimasi SEO di dalam website anda sendiri dan banyak sekali cara untuk menerapkannya seperti menentukan keyword/judul artikel, Plugin SEO, Heading Text, Meta Deskripsi, Internal Linking, External Linking, Gambar, dan Sebagainya. Nah, di artikel kali ini saya akan menerangkan SEO pada gambar. Simak guys.

SEO On Page – Cara Optimasi SEO Pada Gambar di WordPress

Banyak sekali website yang menjadi punggawa di dalam search engine termasuk di pencarian gambar walaupun gambar tersebut bukanlah gambar yang original. Untuk mendapatkan pencapaian seperti itu caranya sangatlah mudah.

  1. Langkah pertama siapkan gambar atau download gambar yang sesuai dengan judul artikel dan sesuai dengan konten di dalam artikel.
  2. Lakukan perubahan pada gambar tersebut ntah merubah ukuran gambar, merubah warna gambar, dan lainnya. Namun yang perlu di ingat jangan pernah mengedit gambar yang memiliki hak cipta karena itu di larang oleh hukum.
  3. Simpan gambar tersebut dengan format JPG yang berukuran kurang lebih 70 KB karena gambar yang berformat JPG akan lebih mudah di deteksi oleh search engine dan dengan ukuran gambar yang kecil tidak membuat loading website anda menjadi lambat. Format PNG juga bisa namun jika gambar yang berformat PNG biasanya memiliki ukuran yang besar dan otomatis website anda menjadi lambat.
  4. Silakan anda Upload file gambar tersebut ke dalam wordpress dan berikan Teks Alt yang berada di sebelah kanan sesuai dengan judul artikel anda. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini.

teks-alt-pada-gambar

5. Selesai, anda sudah berhasil menerapkan SEO On Page pada gambar. Untuk memastikan apakah gambar tersebut masuk kedalam peringkat top 10 di dalam mesin pencari silakan anda cari di mesin pencari sesuai dengan judul artikel atau kata kunci yang telah anda targetkan.

Namun jika anda sudah memiliki banyak gambar dan anda belum pernah memberikan teks alt maka jangan khawatir karena ada alternatif lainnya yang bisa anda gunakan yaitu dengan bantuan plugin SEO Friendly Images, Cara install dan Setting nya sebagai berikut.

Cara Install dan Setting Plugin SEO Friendly Images

  • Langkah pertama silakan anda login di akun wordpress.
  • Kemudian pilih menu plugin dan klik tambah baru.
  • Masukan nama plugin SEO Friendly Images by Vladimir Prelovac kemudian klik install dan aktifkan.
  • Setelah anda mengaktifkan plugin tersebut maka muncul menu baru di wordpress yang bernama SEO Friendly Images, di situlah tempat anda menyetting plugin tersebut.
  • Untuk settingannya biarkan default saja karena otomatis akan memberikan alt attribute berdasarkan nama dan title. Contohnya seperti ini, jika anda mengupload gambar dengan judul “Shop.jpg” dan judul dari artikel anda “Sepatu Keren Online” maka alt attribute akan menghasilkan “Sepatu Keren Online Shop”. Sedangkan untuk pengaturan image title attribute akan menghasilkan “Shop foto”.

Artikel Terkait : Apa itu SEO & Apa Manfaatnya Bagi Pelaku Bisnis Online

Bagaimana, mudah bukan mengoptimasi seo pada gambar? Silakan anda terapkan cara-cara di atas supaya website anda semakin maksimal dalam segi SEO. Demikian artikel kali ini, semoga gambar anda menjadi punggawa di dalam search engine 🙂

8 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *