Cara Membuat Email Dengan Nama Domain di Cpanel

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Cara Membuat Email Dengan Nama Domain di Cpanel

Memiliki alamat email dengan nama domain sendiri merupakan suatu kewajiban yang harus anda miliki, karena anda akan terlihat profesional di mata pembaca ketika hendak mengirimkan email ke anda. Selain itu juga memudahkan pengunjung/pembaca untuk mengingat alamat email anda.

Menurut saya, seorang pebisnis dituntut untuk memiliki lebih dari satu alamat email supaya bisa membedakan alamat email secara fungsinya dan supaya tidak tumpang tindih dalam email tersebut, seperti email untuk media sosial dengan tujuan ber-interaksi dengan pembaca ataupun pelanggan di dalam media sosial tersebut, email untuk keperluan bisnis yang berfungsi untuk bisnis yang anda tekuni, dan sejenisnya.

Jika anda belum memiliki alamat email dengan nama domain anda sendiri maka artikel sekaligus tutorial kali ini cocok untuk anda baca dan anda terapkan. Berikut, langkah-langkah nya.

Cara Membuat Email Dengan Nama Domain di Cpanel

Langkah pertama silakan anda login ke cpanel “namadomainanda.com/cpanel” lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

login-cpanel

Sekarang anda berada di halaman depan cpanel, silakan anda scroll ke bawah dan klik email accounts. Lihat gambar
Kemudian anda berada di halaman pengisian data email anda, silakan anda isi sesuai dengan yang anda inginkan dan anda butuhkan, jangan lupa klik create account. Lihat gambar

Keterangan dari gambar di atas

  • Pada kolom email, silakan anda isi sesuai dengan yang anda inginkan seperti author@waladala.com, maka anda isi dengan author.
  • Pada kolom password, silakan anda isi dengan password yang kuat, unik, dan tidak mudah di tebak oleh seseorang.
  • Pada kolom password (Again), silakan anda isi dengan sesuai dengan kolom password di atas (Ulangi)
  • Strength, berfungsi untuk menunjukan kekuatan password dalam artian jika nila semakin tinggi maka password anda semakin kuat.
  • Mailbox Quota, berfungsi untuk jumlah kapastisas email yang di tampung, saran dari saya beri jumlah yang minimun saja karena jika anda memberi banyak kuota dapat menyebabkan cpu dalam hosting penuh dan tentunya membuat loading website anda menjadi lambat.
  • Setelah anda klik create account, maka selamat anda sudah berhasil memiliki alamat email dengan nama domain sendiri.

Setelah anda berhasil membuat alamat email kini saatnya anda masuk ke alamat email/webmail dengan cara sebagai berikut

Masuk ke Webmail

Langkah pertama silakan anda akses url “namadomainanda.com/webmail” dan masukan email address beserta password yang telah anda buat, sebagai contoh lihat gambar

Kemudian anda masuk dihalaman webmail untuk memilih applikasi email yang tersedia, disana terdapat empat macam applikasi, seperti afterlogic, horde, roundcube, dan squirrelmail, silakan anda pilih sesuka hati anda, dan klik set as default. Saya beri contoh menggunakan applikasi roundcube. Lihat gambar
Setelah anda memilih applikasi tersebut maka kini anda berada dihalaman webmail yang berfungsi untuk melihat email masuk, menulis email, membalas email, dan sebagainya. Lihat gambar

Baca Juga Artikel : Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di WordPress

Ternyata mudah bukan, membuat email dengan domain sendiri di cpanel tanpa dipungut biaya alias gratis. Sekarang website anda sudah semakin terlihat profesional dengan mencantumkan alamat email anda di dalam halaman kontak.

Perlu diperhatikan, anda bisa memiliki alamat email dengan nama domain sebanyak yang anda inginkan sesuai dengan fitur yang diberikan oleh pihak tempat anda menyewa hosting. Biasanya, jika anda memilih paket bisnis di penyedia hosting maka anda mendapatkan unlimited alamat email yang ber-arti anda bisa memiliki alamat email sesuai dengan nama domain sebanyak yang anda inginkan. Sampai disini artikel kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda, jika ada yang ingin disampaikan silakan tinggalkan jejak komentar di bawah ini :)!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *