Apa itu SEO & Apa Manfaatnya Bagi Pelaku Bisnis Online

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Apa itu SEO & Apa Manfaatnya Bagi Pelaku Bisnis Online

Bagi orang yang ahli internet marketing maupun bisnis online sudah pasti memahami tentang fungsi dan cara menerapkan SEO, namun bagi orang awam atau orang yang baru terjun dalam bisnis online pasti kebingungan dengan yang namanya SEO, bahkan banyak pemula bisnis online yang tidak memahami tentang fungsi dan cara menerapkanya sehingga bisnis tersebut sepi pengunjung dan pada akhirnya gulung tikar ditengah jalan.
Mari kita kenali Apa itu SEO & Apa Manfaatnya Bagi Pelaku Bisnis Online.

Pengertian SEO

SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan website atau blog melalui mesin pencarian seperti google, yahoo, bing dan lainnya, atau yang lebih sering disebut proses untuk menampilkan website/blog dalam TOP 1-10 di pencarian google dari suatu keyword yang telah ditargetkan. SEO bagi saya sendiri adalah suatu proses yang mengasyikan dan penuh dengan tantangan, lho kenapa penuh tantangan? Iya dong penuh tantangan karena saya akan gembira ketika website/blog yang saya kelola masuk pringkat 1 di pencarian google sesuai target yang telah saya tentukan.

Sejarah SEO

Menurut Danny Sullivian, istilah search engine optimization pertama kali digunakan Pada tanggal 26 bulan juli tahun 1997. Pada masa itu algoritma mesin pencarian belum terlalu kompleks hingga sangat mudah dimanipulasi oleh seorang yang melakukan kecurangan dan mengambil jalan pintas sehingga website/blog yang mereka kelola akan tampil lebih tinggi dalam hasil pencarian daripada yang sepantasnya mereka terima, orang seperti ini sering disebut SEO Black Hat.

Larry Page dan Sergey Brin “Pendiri Google” berusaha mengatasi masalah tersebut dengan membangun Backrub, Backrub adalah sebuah mesin pencarian sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkatkan halaman website/blog yang dinamakan PageRank.

Backrub sendiri hanyalah sebuah permulaan. Pada tanggal 15 bulan september tahun 1997 Larry Page dan Sergey Brin mendaftarkan situs dengan domain google.com, nama tersebut merupakan permainan kata dari “googol”, sebuah istilah matematika untuk menyebut jumlah yang ditunjukkan dengan angka 1 yang diikuti 100 angka nol dan menunjukkan misi mereka berdua untuk mengelola jumlah informasi di web yang seolah tak terbatas. Dalam waktu singkat ternyata google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan

Artikel Terkait : Cara Mudah Menentukan Keyword

Jenis-Jenis Optimasi SEO

Optimasi SEO dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. On Page SEO

On Page SEO adalah proses optimasi mesin pencarian yang dilakukan didalam websiteblog itu sendiri, seperti memilih target keyword, instalasi dan konfigurasi on page seo plugin, optimasi heading text, optimasi meta page, internal linking, external linking, dan yang pasti memakai konten yang ber-kualitas.

  1. Off Page SEO

Off Page SEO adalah kebalikan dari on page seo yaitu proses optimasi mesin pencarian yang dilakukan dari luar website/blog itu sendiri, seperti melakukan backlink, melakukan ping website, submit website ke web social news dan bookmarking site (web 2.0), melakukan promosi dengan memakai format video di youtube, vimeo dan sejenisnya, dan mengiklankan website ke berbagai media berbayar atau gratis sesuai kebutuhan.

Jenis-Jenis Teknik SEO

Teknik SEO juga dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. White Hat SEO

Teknik White Hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang baik, jujur, bersih dan aman apabila digunakan.

  1. Black Hat SEO

Black Hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang kotor. Jika digunakan mendapatkan hukuman yang fatal dari Google, teknik ini juga sangat dibenci oleh Google karena melanggar TOS dari Google dan merupakan suatu teknik optimasi SEO yang curang.

Manfaat SEO Bagi Pelaku Bisnis Online

Tidak bisa dipungkiri bahwa visitor atau pengunjung adalah uang. Yap, pribahasa tersebut sering digunakan semua pelaku bisnis ntah itu bisnis online maupun offline. SEO yang dilakukan dengan cara yang baik dan benar dapat memberikan banyak manfaat untuk bisnis anda, seperti :

  • Mendatangkan Pengunjung Sesuai dengan Target Pasar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika website/blog yang sudah dioptimasi dengan benar dari segi SEO maka akan memperoleh peringkat yang bagus dalam search engine seperti google, yahoo, bing, dan lainnya. Dengan begitu peluang untuk memperoleh pengunjung yang berpotensi pasti semakin tinggi, pengunjung tersebutlah yang nantinya menjadi calon konsumen anda. Lho kq bisa sesuai target? Ya iyalaah, karena orang yang sedang membutuhkan suatu produk, jasa maupun lainnya pasti mengetikan keyword kedalam mesin pencarian, misalnya saya sedang mencari produk fashion terbaru tahun 2015 maka saya mengetikan keyword fashion terbaru tahun 2015. Itulah yang dimaksud dengan sesuai target pasar.

  • Menaikkan Popularitas Brand/Merek

Ketika website/blog anda menduduki pringkat pertama dalam mesin pencarian sudah pasti brand atau merek yang anda miliki semakin terkenal. Jika dahulu sebelum teknologi berkembang pelaku bisnis akan memasarkan produknya dengan cara face to face, mulut ke mulut, dan melakukan banyak promosi kanvasing namun karena sekarang adalah era modern dan rata-rata manusia didunia ini menggunakan teknologi maka penerapan SEO sangat penting untuk menaikkan popularitas brand sekaligus promosi.

  • Strategi Pemasaran Internasional

Jika anda menjual produk dengan cara expor ke luar negeri maka strategi SEO adalah pilihan yang paling tepat karena ketika anda melakukan proses SEO dengan cara mendaftarkan website/blog ke webmaster maka anda dapat menargetkan lokasi yang dikehendaki ntah itu dikawasan asia, maupun timur tengah. Pastinya juga harus sesuai dengan bahasa yang digunakan dalam website/blog yang anda kelola.

Bagaimana menurut anda tentang SEO? Apakah anda ingin menerapkan proses SEO untuk menunjang website/blog yang dikelola? Saya yakin jawabanya iya. Jika jawabanya iya silakan action mulai dari sekarang. Oiya ikuti terus perkembangan waladala.com dengan membaca berbagai artikel yang saya sediakan secara bertahap.

Semoga artikel kali ini dapat membantu anda.

 

 

 

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *