Cara Membuat Blog Gratis Terbaru di Blogger

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Cara Membuat Blog Gratis Terbaru di Blogger

Jika anda hendak membuat website/blog gratis untuk keperluan bisnis, media promosi, maupun pribadi dan anda ingin website tersebut masuk di ranking satu sampai sepuluh pecarian google (Search Engine) maka platform blogger adalah pilihan yang tepat untuk anda. Kenapa saya katakan demikian? Karena pembuat blogger adalah google dalam arti website anda akan masuk ke peringkat lebih baik dari pada platform gratis lainnya. Menurut pengalaman saya. Ketika saya membuat website/blog gratis menggunakan blogger ternyata pringkat di search engine lebih maksimal dari pada saya membuat website/blog menggunakan platform lainnya dan coba anda lihat di pencarian google pasti anda akan menemukan banyak sekali .blogspot.com dari pada .wordpress.com yang menduduki pringkat pertama.

Sebelum anda membuat website/blog gratis ada baiknya anda menentukan dahulu platform mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Saya coba memberikan perbandingan antara platform blogger.com dengan wordpress.com supaya anda bisa memastikan platform yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Platform Blogger.com

Keunggulan dari platform blogger.com, antara lain: lebih SEO Friendly, keamanan sangat terjamin, bisa untuk bekerjasama dengan pihak google (adsense), kecepatan loadingnya pun cukup baik, bisa memiliki banyak blog dalam satu akun dan lainnya.

Kelemahan dari platform blogger.com, antara lain: menggunakan coding untuk keperluan website, template bawaan blogger hampir sama semuanya dalam artian template gratis/bawa’an sangat sedikit, dan lainnya.

Menurut saya kelemahan dari blogger dapat membuat anda menjadi seorang yang profesional/ahli dalam membangun website, karena ketika anda memakai platform ini maka anda selalu dihadapkan oleh coding script sehingga esok ketika anda memakai platform lainnya akan terasa sangatlah mudah. Pasti anda bertanya-tanya tentang bagaiman dapat membuat coding padahal tidak mengetahui tentang coding tersebut? caranya mudah, anda tinggal cari di google tentang coding yang dibutuhkan dan anda mendapatkan jawabannya disana, karena banyak sekali blogger yang memberikan cara membuat coding jadi anda dapat belajar dari blogger tersebut.

Platform WordPress.com

Keunggulan dari platform wordpress.com, antara lain: Template bawaannya banyak, sangat mudah untuk menggunakannya, tersedia berbagai keperluan yang mendukung untuk website, tampilan dashboard lebih elegan dan modern, dan lainnya.

Kekurangan dari platform wordpress.com, antara lain: Tidak bisa kerjasama dengan google (adsense), tidak bisa edit css ataupun script lainnya kecuali upgrade ke versi berbayar, mudah di serang hacker.

Menurut saya platform wordpress.com cocok untuk anda yang tidak ingin dipusingkan dengan urusan coding, script, html, dan sebagainya, apalagi jika anda menggunakan versi berbayar (self hosted) maka anda bisa menggunakan berbagai plugin untuk mengoptimalkan website.

Artikel Terkait : Cara Membuat Website Gratis di WordPress

Setelah anda menentukan memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan maka saatnya saya menjelaskan cara membuatnya.

Cara Membuat Blog Gratis Terbaru di Blogger

Langkah pertama silakan anda membuat akun gmail, jika anda sudah memiliki akun tersebut silakan anda klik link berikut, blogger.com. Setelah anda klik link tersebut maka masuk di halaman blogger, dan pilih salah satu opsi profil yang anda hendaki dalam arti memilih profil yang anda gunakan di akun google+ atau profil samaran. Saya memilih opsi profil blogger. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

blogger-halaman-depan

Setelah itu anda berada dihalaman konfirmasi profil, silakan anda isi kolom nama tampilan sesuai dengan yang anda kehendaki, kemudian klik lanjutkan ke blogger. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

blogger-halaman-kedua

Sekarang anda masuk di halaman blog tutorial blogging, silakan anda klik blog baru. Setelah itu muncul form pengisian data, silakan anda isikan judul sesuai dengan website yang hendak anda buat, saya beri contoh membuat website tentang tutorial blogging dengan judul tutorial blogging, dan isikan juga alamat website anda seperti “tutorialblogging.blogspot.com”, kemudian pilih template dan klik buat blog. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

blogger-halaman-keempat-nama-tidak-tersedia

Ops, ternyata alamat website tidak tersedia, jika anda menemukan masalah yang sama maka anda dapat menambahkan alamat tersebut dengan (-) atau dengan berberapa huruf mulai a-z. Jadi alamat website saya rubah menjadi “tutorialblog-ging.blogspot.com” terlihatnya aneh tapi tidak masalah yang penting isi konten sesuai dengan judul yang digunakan, kemudian klik buat blog. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

blogger-halaman-keempat-nama-tersedia

Selamat anda sudah berhasil membuat website/blog gratis di blogger dan sekarang berada di dashboard blogger anda, di sana terdapat berbagai menu, yaitu:
  • Ikhtisar yang berfungsi untuk melihat laporan dari website anda
  • Pos yang berfungsi untuk membuat dan mengedit posting
  • Laman yang berfungsi untuk membuat dan mengedit halaman
  • Komentar yang berfungsi untuk melihat dan membalas komentar
  • Google+ yang berfungsi untuk menghubungkan akun blogspot dengan google+
  • Stastistik yang berfungsi untuk melihat pengunjung website anda
  • Kampanye yang berfungsi untuk promosi iklan berbayar
  • Tata Letak yang berfungsi untuk mengedit atau menambahkan widget seperti sidebar, header, fotter, dan sebagainnya
  • Template yang berfungsi untuk memilih dan merubah template
  • Setelan yang berfungsi untuk merubah pengaturan website anda
  • Lihat Gambar

Klik untuk melihat gambar »

blogger-halaman-dashboard

Untuk memastikan bahwa alamat url website anda dapat diakses, silakan anda akses url website anda seperti tutorialblog-ging.blogspot.com. Oiya, sekarang (.blogspot.com) telah dialihkan menjadi (.blogspot.co.id) jadi anda jangan kaget jika alamat website menjadi (.co.id) karena kebijakan baru dari google. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

akses-situs

Mudah bukan, membuat website di blogger? Sampai disini dulu artikel sekaligus tutorial ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda. Jika ada yang hendak ditanyakan atau ingin berbagi sesuatu silakan tinggalkan jejak komentar di bawah ini :).
Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *