Cara Membuat Konten yang SEO Friendly dan Disukai Google

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Cara Membuat Konten yang SEO Friendly dan Disukai Google
Image : searchenginecollege.com

Memiliki konten yang SEO friendly sudah pasti disukai oleh google namun untuk membuat konten yang SEO friendly bukanlah pekara yang mudah karena kita akan menghadapi ribuan bahkan juta’an kompetitor dari kata kunci yang telah tertarget. Akhir-akhir ini banyak sekali para pakar SEO yang menggunakan plugin SEO berbayar sehingga artikel maupun website mereka selalu menduduki peringkat pertama di dalam mesin pencarian dan otomatis para newbie tidak mudah menggeser peringkat mereka.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menggeser peringkat para pakar SEO namun saya akan menjelaskan sesuai dengan yang saya pahami dan hitung-hitung berbagi pengalaman kepada anda,, ehh siapa tau karena anda menerapkan berbagai cara yang akan saya jelaskan ternyata artikel anda masuk ke halaman satu dalam mesin pencarian πŸ™‚

Sebelum menerapkan SEO pada konten artikel anda ada baiknya jika anda mengetahui peraturan dari google yang menjelaskan tidak boleh berlebihan menempatkan kata kunci ke dalam konten karena google akan menganggap bahwa konten anda adalah konten spam dan tidak natural yang pada akhirnya keesokan hari konten anda akan hilang dalam mesin pencarian, sungguh di sayangkan jika itu terjadi pada anda. Sekarang kembali ke topik utama, beriku cara-cara nya.

Cara Membuat Konten yang SEO Friendly dan Disukai Google

  1. Judul Artikel

Judul yang menarik dan memiliki kompetitor yang sedang dalam artian kompetitor hanya ratusan dapat memberikan peluang kepada anda untuk menduduki peringkat pertama di dalam search engine. Lalu bagaimana membuat judul yang menarik? Membuat judul yang menarik biasanya mengandung kata kunci dan memiliki daya tarik sendiri yang dapat membuat seseorang mengunjunginya. Contohnya seperti ini, cara menaruh baclink, bandingkan dengan cara menaruh backlink yang benar. Tentunya seseorang lebih memilih judul yang kedua karena di dalam judul tersebut memberikan keyakinan bahwa artikel anda sesuai dengan yang diharapkannya.

Selain itu membuat judul yang menarik juga termasuk strategi pemasaran online yang sangat ampuh karena dengan judul yang menarik dapat membuat pengunjung penasaran dengan artikel tersebut. Namun perlu di ingat selain membuat judul yang menarik anda juga harus memiliki konten yang menarik supaya pembaca atau pengunjung tidak merasa tertipu oleh judul anda.

  1. Konten yang Original

Konten yang original adalah salah satu syarat yang mutlak untuk menduduki peringkat satu di dalam mesin pencarian dalam jangka waktu yang sangat lama. Kenapa saya katakan demikian? Karena konten yang original sangat di sukai oleh google dan sangat disukai oleh pembaca. Bayangkan saja jika anda meng-copy paste artikel seseorang sudah pasti si pembaca hanya sekali mengunjungi blog anda karena si pembaca sudah pernah membacanya di blog lainnya dan merasa bahwa semua konten yang ada di dalam website/blog anda adalah konten yang tidak bermutu dan hanya bisa meng-copy paste.

Lalu bagaimana membuat konten yang original? Membuat konten yang original adalah mudah yaitu dengan cara mengikuti semua kata hati dan fikiran anda kemudian tuangkan semuanya ke dalam artikel anda. Selain konten yang original anda juga harus memiliki 1000 kata di dalam konten tersebut supaya bisa mengalahkan para kompetitor anda. 1000 kata ini tidak harus anda terapkan kecuali anda memiliki jumlah kompetitor yang banyak/juta’an.

Mungkin anda bertanya-tanya, lalu gimana jika topik konten yang akan di tulis sama dengan orang lain? Sebenarnya konten itu tidak pernah sama karena memiliki gaya penulisan yang berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Namun biasanya judulnya yang sama, jika judulnya sama tidak jadi masalah langsung publish aja namun anda harus menyelidiki dulu apakah konten anda lebih menarik dari pada konten yang telah ada? Jika lebih menarik dan lebih panjang kata yang anda gunakan maka jangan ragu untuk mem-publishnya.

  1. Gambar yang Ber-kualitas

Jika kita membuat konten yang panjang lebar sudah pasti memiliki satu atau lebih gambar yang akan di masukan ke dalam konten tersebut. Nah, gambar tersebut haruslah gambar yang berkualitas supaya dapat menduduki peringkat pertama di dalam mesin pencarian gambar.

Gambar yang berkualitas itu bukan ber-arti gambar original, bisa saja gambar hasil dari sumber lain namun anda harus melakukan perubahan di dalam gambar tersebut, seperti merubah bakground, warna background, menambahkan teks, dan lainnya. Yang paling penting jangan lupa memberi Teks Alt pada gambar tersebut sesuai dengan judul/kata kunci yang telah anda targetkan supaya mesin pencari mudah mengenali gambar tersebut.

Perlu di ingat bahwa google sangat menghormati hak cipta seseorang, jadi jika anda mengambil gambar yang memiliki hak cipta ada baiknya jika anda memberikan sumber dari gambar tersebut. Selain itu, jika anda asal merubah gambar yang memiliki hak cipta anda bisa di tuntut oleh pemilik asli dari gambar tersebut. Banyak sekali lho kasus yang seperti itu.

  1. Optimasi Heading Text

Memiliki Heading text di setiap artikel anda sangat memudahkan menduduki peringkat pertama dalam mesin pencarian. Banyak perdebatan di antara blogger tentang menaruh heading text yang benar di setiap konten namun saya akan menjelaskan sesuai dengan yang selalu saya terapkan.

Heading Text terbagi menjadi beberapa bagian namun yang paling ber-pengaruh adalah Heading 1 (H1), Heading 2 (H2), dan Heading 3 (H3). Biasanya saya menempatkan H1 di dalam judul artikel, H2 menyamai judul, sedangkan untuk H3 untuk penulisan sub judul.

  1. Internal Linking

Internal Linking adalah suatu link yang mengarahkan ke halaman berbeda di dalam website anda. Namun perlu di garis bawahi bahwa untuk menempatkan internal linking harus sesuai dengan konten artikel anda jangan tidak sesuai karena jika anda menempatkan internal link yang tidak sesuai maka pengunjung tidak akan meng-klik link tersebut.

  1. External Linking

External Linking adalah suatu link yang mengarahkan ke website orang lain. Dengan memberikan external linking maka anda dapat berpeluang menduduki peringkat pertama di dalam mesin pencarian karena mesin pencari menyukai website yang memiliki external linking. Namun yang perlu di ingat adalah jangan pernah memberikan external link yang mengganggu pengunjung dan tidak sesuai dengan isi konten anda karena hal tersebut tidak disukai oleh google dan pastinya kemudia hari pengunjung enggan mengunjungi website anda.

  1. Meta Deskripsi

Meta Deskripsi adalah cara supaya mesin pencarian mengenali topik dan kandungan dalam konten anda. Memberikan meta deskripsi yang menarik dan benar adalah salah satu cara untuk menjadikan artikel anda menduduki peringkat pertama dan akan sering di klik oleh pengunjung/pembaca.

Lalu bagaimana cara memberikan Meta Deskripsi yang menarik dan benar? Caranya sangatlah mudah yaitu memasukan sebagian konten anda yang menarik dan memiliki katu kunci/judul di dalam Meta Deskripsi. Untuk menaruh meta deskripsi dan fokus kata kunci anda memerlukan bantuan plugin, akan saya jelaskan di bawah ini.

  1. Plugin SEO

SEO tanpa Plugin sama saja dengan pembohongan karena suatu website tidak akan pernah menduduki peringkat pertama dalam mesin pencari tanpa menggunakan plugin. Banyak sekali plugin SEO yang bisa anda gunakan, seperti Yoast SEO, Platinum SEO Pack, All in One SEO pack, dan lainnya silakan anda pilih salah satu dari yang telah saya sebutkan.

Karena saya menggunakan Plugin Yoast SEO maka saya akan menjelaskan cara menaruh Meta Deskripsi di plugin tersebut. Cara menaruh Meta Deskripsi di Yoast SEO dapat anda baca di artikel yang telah saya buat β€œCara Menggunakan Yoast SEO di Post WordPress” silakan anda klik link tersebut untuk mengetahui cara-caranya.

  1. Menggunakan Tag

Menggunakan Tag adalah salah satu cara untuk menjadikan artikel anda lebih SEO karena banyak sekali seseorang yang mengetikkan sesuatu di mesin pencarian dan mendapatkan bahwa di dalam Meta Deskripsi terdapat tag dari artikel tersebut. Namun perlu di garis bawahi bahwa menaruh tag jangan berlebihan karena tag sama saja dengan kategori. Jika anda menaruh tag secara berlebihan bisa di anggap spam. Biasanya seseorang menggunakan tag hanya maksimal 5 saja yang sesuai dengan konten artikel.

  1. Backlink

Backlink adalah link yang di tautkan dari website orang lain untuk mengunjungi website/link artikel anda. Cara menanam backlink yang baik dan benar adalah dengan memberi komentar ke website/blog orang lain atau dengan cara menjadi penulis tamu di blog yang memiliki peringkat bagus dalam mesin pencarian.

Baca Juga Artikel : SEO On Page – Cara Optimasi SEO Pada Gambar di WordPress

Itulah beberapa cara membuat konten yang seo friendly. Sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa anda gunakan, namun menurut saya cara tersebut sudah bisa membuat anda menduduki peringkat pertama.

Jika anda ada cara yang lainnya silakan tinggalkan jejak komentar di bawah ini. Demikian artikel kali ini, Semoga dapat membantu anda πŸ™‚

6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *