Apa itu Hosting?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Apa itu Hosting?

Sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang Domain dan di artikel ini saya menjelaskan tentang apa itu hosting. Hosting atau yang sering disebut dengan nama web hosting adalah server jaringan yang digunakan untuk menyimpan file-file berupa text, gambar, email, aplikasi, program, script dan database dari sebuah website supaya bisa diakses melalui media internet. Jika anda masih bingung, maka saya ibaratkan begini, Domain adalah alamat rumah dan Hosting adalah lahan dari rumah tersebut, jadi setelah anda menyewa domain maka anda juga harus menyewa hosting supaya domain tersebut dapat diakses dimana saja melalui media internet.

Beda dengan lahan rumah, jika lahan rumah memiliki ukuran panjang kali lebar kali tinggi maka Hosting juga memiliki ukuran tersendiri yang disebut Disk Space (batasan ruangan) dan Bandwidth (data transfer). Saya asumikan anda telah mengerti tentang hosting, sekarang mari kita kenali server dalam hosting.

Sekilas Tentang Server Hosting

Kecepatan loading dalam website selain dipengaruhi oleh Disk Space dan Bandwidth juga dipengaruhi oleh lokasi server hosting yang anda pilih. Ada tiga server hosting berdasarkan lokasi negara yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Saya akan menjelaskan keunggulan dan kelemahan dari tiga lokasi server hosting, seperti berikut :

1) Lokasi Server hosting di Indonesia

(+) Keunggulan dari server hosting di Indonesia.
Jika target pasar anda di wilayah Indonesia maka lokasi server hosting di Indonesia sangat tepat untuk anda pilih, karena sangat cepat diakses dari dalam negeri (Indonesia).

(-) Kelemahan dari server hosting di Indonesia.
Lambat di akses dari luar Indonesia.

2) Lokasi Server Hosting di Singapore

(+) Keunggulan dari server hosting di Singapore.
Jika target pasar anda di wilayah Indonesia, dan Asia Pasifik maka lokasi server hosting di Singapore sangat tepat untuk anda pilih, karena sangat cepat di akses baik dalam negeri maupun luar negeri dari pada server hosting di USA.

3) Lokasi Server Hosting di USA

(+) Keunggulan dari server hosting di USA.
Relatif stabil diakses dari mana saja lokasi pengunjung website.

(-) Kelemahan dari server hosting USA.
Kecepatas akses dari dalam negeri tidak secepat server hosting di Indonesia dan Singapore.

Bagaimana apakah anda sudah memahami hosting secara mendetail? Pasti sudah kan?
Sekarang saya akan menjelaskan cara menyewa hosting.

Artikel Terkait : Ketahuilah Jenis Blog Sebelum Membuat Blog!

Cara Menyewa Hosting

Sebelum anda menyewa hosting ada baiknya anda telusuri dahulu jejak perjalanan jasa penyedia hosting dan review dari pelanggan hosting tersebut, supaya dikemudian hari anda tidak menyesal telah membeli hosting di tempat tersebut.

Rekomendasi dari saya untuk anda yang masih pemula lebih baik menyewa hosting di niagahoster.co.id, kenapa saya rekomendasikan tempat tersebut? karena saya menyewa hosting di tempat tersebut. Saya akan membagikan sedikit pengalaman ketika hendak menyewa hosting di niagahoster.

Pengalaman Menyewa Hosting di Niagahoster

Ketika saya hendak membuat website Waladala.com, saya kebingungan memilih penyedia hosting mana yang tepat untuk target pasar Indonesia? Maka saya lakukan survei dengan cara test pelayanan dari pihak penyedia hosting. Saya lakukan tes tersebut di niagahoster.co.id ternyata customer service niagahoster sangat baik dan cepat menanggapi berbagai pertanyaan dari saya. Sebagai bukti saya lihatkan gambar, berikut.

Klik untuk melihat gambar »

Percakapan-dengan-team-support-niagahoster.-waladala

Bisa anda lihat gambar diatas menunjukan waktu percakapan “saya kasih tanda panah”, hanya selang 1-2 menit customer service menanggapi pertanyaan dari saya. Disinilah saya mulai tertarik menyewa hosting di niagahoster.co.id. lalu saya melihat fitur-fitur dari niagahoster.co.id, ternyata wow fitur yang luar biasa. Saya mendapatkan domain gratis selamanya ketika saya menyewa hosting di niagahoster. Lihat gambar.

Klik untuk melihat gambar »

Domain-Gratis

Pada akhirnya saya memilih menyewa hosting di niagahoster.co.id dengan paket bisnis karena fitur-fitur yang saya butuhkan, semuanya ada di paket bisnis. Lihat gambar untuk fitur-fitur paket bisnis.

Klik untuk melihat gambar »

fitur-niaga-hoster-satu

Oiya, jika anda benar-benar bertekad terjun di bisnis online maka saya sarankan anda memilih paket bisnis karena fitur-fitur paket bisnis sangat penting untuk anda, dan jika anda hendak memulai penjualan bisnis online lebih baik anda menambahkan pembelian SSL “saya kasih tanda panah” karena SSL sangat penting untuk keamanan situs atau website anda.

Detail harga SSL, silakan anda kunjungi situs dibawah ini.
www.niagahoster.co.id/ssl-murah

Detail menyewa Hosting Bonus Domain Gratis, silakan anda kunjungi situs dibawah ini.
www.niagahoster.co.id

Paragraf terakhir ini, saya akan menjelaskan tentang SSL.

SSL (Secure Socket Layer)

SSL atau kepanjangan dari Secure Socket Layer adalah protokol keamanan yang mengamankan semua bentuk transaksi dan komunikasi antara pengguna dengan pemilik website. Mencegah penyadapan dan pencurian data penting yang dikirimkan ke website saat terjadi transaksi seperti, pasword dan username, informasi dan nomer kartu kredit, dan sejenisnya.

Ciri-ciri situs atau website yang memakai SSL dapat dilihat di samping alamat URL website bahwa situs tersebut memakai HTTPS dan disertai Gembok emas, untuk detail bisa lihat gambar dibawah ini.

Klik untuk melihat gambar »

SSL

Sampai disini artikel kali ini, Semoga dapat membantu anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *