5 Halaman Penting Untuk Keperluan Website

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

5 Halaman Penting Untuk Keperluan Website

Ketika anda membangun website ada 5 halaman penting yang wajib anda terapkan, supaya website anda terlihat profesional dan tidak dikira website abal-abal (Penipuan). Selain itu jika anda membangun website dengan tujuan untuk google adsense maka 5 halaman penting ini wajib anda terapkan karena itu adalah syarat mutlak dari google.

Menurut kabar burung yang saya dapatkan, bahwa mesin pencari (search engine) juga akan mendeteksi website anda, apakah terdapat 5 halaman penting tersebut? jika tidak ada maka bisa jadi website anda di curigai pihak google bahwa website anda tidak profesional dan pada akhirnya akan mempengaruhi peringkat SEO. Nah, di artikel kali ini saya akan menjelaskan secara detail 5 halaman penting tersebut.

About

Halaman About selain penting untuk search engine juga penting untuk pengunjung website anda. Pengunjung akan meyakini kredibilitas sebuah website dari halaman about, karena di halaman ini anda dapat meyakinkan pengunjung maupun customer bahwa website anda bukanlah penipuan, dengan cara menampilkan diskripsi, menampilkan perjalanan bisnis yang sedang anda tekuni, memberikan biodata lengkap beserta foto asli anda, dan lainnya.

Contact Page

Halaman Contact Page sangat penting untuk website anda, terutama untuk website bisnis. Dengan adanya halaman ini maka anda akan berpeluang mendapatkan banyak tawaran kerja sama dari calon mitra kerja. Selain itu contact page juga dideteksi oleh search engine karena menurut search engine, website yang real atau bukan penipuan akan menyertakan cara untuk meng-contact pemilik website.

Banyak sekali cara membuat halaman contact page salah satunya dengan menggunakan plugin contact form 7. Fungsi dari plugin ini adalah untuk memudahkan pengunjung meng-contact anda, hanya dengan cara mengisikan nama, alamat email, subject, dan massage. Setelah pengunjung selesai meng-contact anda maka email tersebut akan masuk langsung ke alamat Gmail milik anda.

Namun ada kelemahan tersendiri jika anda memakai plugin tersebut, yaitu akan banyak sekali masuk email-email tidak jelas seperti email spam, maupun email yang tidak penting dalam arti bukan email penawaran kerja sama yang kita harapkan. Solusinya anda bisa menggunakan cara manual tanpa menggunakan plugin, dengan cara mengisikan alamat Email anda yahoo maupun gmail ke halaman contact page. Sebagai contoh silakan anda lihat halaman Kontak waladala.com.

Terms Of Service

Terms Of Service adalah halaman tentang peraturan dan ketentuan yang anda buat untuk melindungi sumber daya yang ada di dalam sebuah website. Peraturan tersebut bisa anda buat sendiri sesuai dengan yang anda inginkan. Halaman TOS ini juga menjadi salah satu syarat jika anda ingin ber-mitra dengan google adsense.

Privacy Policy

Privacy Policy berhubungan dengan jaminan keamanan data-data yang ada di dalam website, seperti nama, alamat email pengunjung yang ikut serta memberi komentar maupun mengirimkan contact. Dengan adanya halaman ini maka anda juga harus menjaga kerahasiaan informasi data-data dari pengunjung.

Selain untuk jaminan keamanan, halaman ini juga dideteksi oleh search engine dan menjadi persyaratan mutlak jika anda ingin bermitra dengan google adsense.

Banyak cara membuat halaman privacy policy, salah satunya dengan memanfaatkan tools dari pihak kedua. Caranya, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, silakan anda kunjungi situs berikut: www.privacypolicyonline.com
  1. Sekarang anda masuk di halaman depan situs tersebut, silakan isikan data-data mengenai website anda di kolom formulir, kemudia klik Generate HTML. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

privacy-policy

Keterangan dari formulir diatas:

  • Di kolom your site title hingga email address, silakan anda isi dengan data yang sesuai website anda.
  • Di tab email encryption, silakan anda pilih no encyrption
  • Di tab cookie, silakan anda pilih yes, my site use cookies
  • Di tab terakhir silakan anda pilih yang sesuai dengan iklan yang hendak ada di dalam website. Misalnya, di website anda hendak menampilkan iklan dari google adsense maka pilih google adsense, dan lainnya.
  • Setelah itu klik Generate HTML

3. Sekarang anda berada di halaman generated html, silakan anda copy semua teks yang bedara di kolom “your privacy policy html”. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

privacy-policy-satu

4. Setelah anda copy, sekarang saatnya membuat halaman baru di wp anda dengan judul Privacy Policy, dan pastekan di kolom teks/html, setelah itu klik publikasikan/terbitkan. Lihat gambar
 5. Sekarang silakan anda cek kembali di halaman privacy policy yang telah anda buat, jika ada yang harus dirubah silakan anda rubah, dan selamat anda sudah berhasil membuat halaman privacy police.

Disclaimer

Halaman Disclaimer bertujuan untuk informasi persyaratan dan ketentuan tentang sumber daya yang berada di dalam website. Halaman ini juga berfungsi untuk syarat pendaftaran google adsense dan akan diindeks oleh mesin pencari (search engine).

Cara praktis mengisi halaman Disclaimer hampir sama dengan cara mengisi halaman privacy police, yaitu menggunakan tools dari pihak kedua. Silakan anda kunjungi situs berikut privacypolicyonline.com/disclaimer-generator/. Setelah itu lakukan cara seperti di privacy policy.

Baca Juga : Apa itu Hosting?

5 halaman penting yang telah saya sebutkan diatas hukumnya wajib untuk anda terapkan karena tujuannya sangat bermanfaat untuk search engine, juga untuk pengenjung menentukan kredibilitas website anda, dan termasuk bahasa-bahasa hukum yang telah anda sediakan.

Dengan adanya halaman-halaman tersebut, dapat menjadikan bukti ketika ada seseorang yang mengambil hak cipta yang anda miliki dan anda akan mengurusnya di meja hijau, atau anda juga bisa memblokir IP address pengunjung yang mengganggu kenyamanan anda.

Sampai disini artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *