Jack Ma – Sosok Pria Tangguh Pendiri Alibaba.com

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Jack Ma – Sosok Pria Tangguh Pendiri Alibaba.com

Pria tangguh asal negeri Tirai Bambu berhasil mencatat sejarah orang terkaya se-asia, pria ini bernama Jack Ma atau nama chinanya Ma Yun. Pria kelahiran dari Provinsi Zheijang China pada tahun 1964. Jack Ma bukanlah orang yang kaya dari keturunan maupun warisan orang tua, melainkan dari kegagalan, kerja keras dan kesabaran yang ia miliki.

Kehidupan Jack Ma

Jack Ma beserta saudara-saudaranya tumbuh dalam keluarga yang kurang mampu. Masa kecilnyapun tidak mudah untuk dilalui. Berbagai penolakan dari setiap sekolah yang ia dafftarkan sering menyapanya, penolakan tersebut karena ujian matematikanya yang tidak begitu baik. Namun semua itu lantas tak memadamkan api semangat untuk meraih cita-citanya sebagai guru bahasa inggris.

Sejak usia 12 hingga 20 tahun, jack belajar bahasa inggris sambil bekerja sebagai pemandu wisata di sebuah hotel di dekat danau hangzhou. Setelah SMA, dia memutuskan untuk kuliah. Walaupun dua kali ia gagal mengikuti ujian perguruan tinggi, namun berkat belajar dan kegigihannya ia berhasil lulus ujian ketiga dan resmi menjadi mahasiswa di Hangzhou Teacher’s Institute. Lima tahun berlalu akhirnya jack lulus dari universitas tersebut.

Awal Perjalanan Karir Jack Ma

Sejak lulus dari universitas jack mulai melamar pekerjaan di berbagai perusahaan, namun sungguh sayang 30 puluh perusahaan menolak lamarannya termasuk KFC dan akhirnya ia diterima oleh salah satu sekolah dichina untuk menjadi guru bahasa inggris. Jack sangat mencintai murid-muridnya dan menikmati pekerjaannya tersebut walaupun hanya menghasilkan $12 per bulannya, pada tahun 1992. Selain mengajar jack tetap menjadi pemandu wisata.

Pada tahun 1995, jack pergi ke seattler, Amerika Serika untuk bekerja sebagai penerjemah. Pada kunjungannya tersebut, jack mendapatkan teman yang baik hati dengan mengenalkan jack pada dunia internet. Temannya tersebut mengatakan bahwa semua bisa ditemukan di internet, lantas jack mencoba searching tentang china namun sayang ia tidak menemukan apapun tentang china dalam searchingnya. Disitulah jack berfikir untuk membuka sebuah perusahaan internet Republik Rakyat Tiongkok (China).

Baca Juga : Habibie Afsyah, Kelemahanku adalah Kekuatanku

Sejarah Alibaba.com

Saat kembali ke china, jack membuat sebuah perusahaan berbasis online yang bernama China Pages. Namun diawal perjalanannya tersebut jack menemui banyak kegagalan sehingga jack mundur dari china page.

Setelah mundur ternyata jack mendapatkan tawaran dari pemerintah beijing untuk melakukan promosi produk-produk china dengan membuka layanan berbasis internet. Kemudian kesempatan tersebut jack manfaatkan untuk kembali membangun mimpinya yang tertunda, yaitu membuka sebuah perusahaan internet Republik Rakyat Tiongkok.

Esok harinya jack mengumpulkan 17 temannya di apartemennya untuk membantu membangun dan mengembangkan perusahannya tersebut dengan cara menyampaikan visinya dalam menciptakan pasar online (e-commerce) yang didalamnya terdiri dari produk-produk UKM di China untuk dijual melalui internet dan dibeli oleh seluruh dunia. Tenyata semua teman menyetujui permintaannya tersebut dan kemudian memberi nama Alibaba. Jack dan teman-temannya berhasil mengumpulkan dana sekitar US$60.000 untuk memulai usaha berbasis internet tersebut dan mulai membeli domain dengan nama alibaba.com. jack memberi nama alibaba karena terinspirasi oleh kisiah-kisah seribu satu malam.

Dengan cepat perusahaan yang diusung jack ma tersebut mulai menarik investor dari seluruh dunia. Pada tahun 1999 alibaba mendapatkan dana investasi dari Goldman Sachs dan $20 juta dari Softbank, beberapa dekade berlalu, perkembangan alibaba.com maju sangat pesat. Pada tahun 2005, yahoo membeli 40 persen saham alibaba dengan nilai sebesar $1 Miliar, nilai yang sangat fantastis. Bahkan pada tahun 2007 alibaba berhasil go public dan meraih dana sebesar US$1.7 milyar. Konsep yang sederhana namun menghasilkan miliar dollar, semuanya terbentuk berkat kerja keras, dan kekompakan sebuah tim.

Milyader Nomor Satu di China

Pada tahun 2014 saham alibaba melonjak 38 persen dari US$ 68 hingga menjadi US$26,5 miliar. Jack Ma menjadi orang terkaya di china dan menempati posisi 23 dijajaran miliyader dunia. Beberapa miliyader lain mengatakan bahwa itu baru permulaan, saham alibaba masih akan terus melesat dan mengucurkan pundi-pundi uang lebih banyak ke kantong jack.

Pria yang tangguh ini telah membuktikan ke dunia bahwa kegagalan dan penolakan lamaran kerja dari puluhan perusahaan bukanlah akhir dari karir seseorang.
Wujudkanlah mimpimu dengan kerja keras, inovasi, sabar, dan ber-do’a niscaya gerbang kesuksesan terbuka lebar untukmu.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *