Strategi Jitu Promosi Versi Waladala.com

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Strategi Jitu Promosi Versi Waladala.com

Melakukan promosi merupakan salah satu keberhasilan dari bisnis anda. Promosi dan pemasaran adalah pekerjaan seorang marketing, jika suatu perusahaan memiliki tim marketing yang handal maka sudah dipastikan perusahaan tersebut akan melambung dengan pesat namun jika perusahaan tersebut memiliki tim marketing yang buruk bisa jadi pula perusahaan tersebut akan musnah dalam sekejap.

Di artikel kali ini saya akan membagikan strategi jitu promosi sesuai dengan pengalaman yang pernah saya tekuni. Melakukan promosi ada dua cara, yaitu dengan cara offline, dan cara online. Jika anda hanya melakukan satu cara yaitu hanya offline maka bisnis anda tidak akan maksimal karena di zaman yang serba teknologi ini, menuntut anda menerapkan promosi dengan cara online. Oke, mari simak strategi pemasaran pertama yaitu dengan cara offline.

Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar yang sesuai dengan bisnis anda hukumnya adalah wajib. Bayangkan saja, jika calon pembeli anda bukanlah orang yang minat dengan produk dalam bisnis anda, sudah pasti calon pembeli tidak pernah menanggapi promosi yang anda lakukan.

Lakukan Metode Canvassing

Melakukan promosi dengan metode canvassing adalah strategi offline yang paling jitu karena dengan metode ini maka bisnis sekaligus brand anda akan di kenal oleh masyarakat luas. Strategi ini juga termasuk strategi jemput bola yang banyak dilakukan oleh tim marketing.

Cara melakukan metode ini adalah dengan cara membuat brosur yang berisikan produk-produk dalam bisnis anda beserta nama dan alamat perusahaan anda yang disebarkan di seluruh kota, desa, dan berbagai toko yang sesuai produk anda.

Open Table

Open table juga salah satu strategi jemput bola yang paling jitu. Open table biasanya di lakukan di dalam kantor pemerintahan, universitas, dan di kantor-kantor swasta lainnya. Tujuan dari strategi ini adalah mengenalkan produk anda sekaligus menjualnya di dalam satu tempat yang telah disetujui oleh pihak dari tempat tersebut.

Dari pengalaman yang pernah saya lakukan strategi ini paling efektif dan dapat menjual puluhan produk dalam satu kali pembukaan open table. Cara melakukan metode ini adalah dengan cara membuat formulir permohonan tentang open table dari produk yang anda miliki yang dikirim ke staff bagian/HRD kantor yang telah anda targetkan. Lebih mudah lagi jika anda memiliki rekan/relasi yang bekerja di perusahaan tersebut.

Lakukan Event

Event ini hampir sama dengan open table namun saya membedakannya karena menurut saya open table adalah murni gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun karena telah disetujui oleh pihak yang bersangkutan, sedangkan event adalah salah satu strategi yang membayar tempat dan pajak kepada pihak yang bersangkutan. Biasanya event dilakukan di mall maupun di perusahaan tertentu yang memungut biaya.

By One Get One

Strategi yang sering disebut dengan beli satu bonus satu. Strategi ini cocok untuk anda lakukan jika anda baru memulai bisnis untuk pertama kali dan mempromosikan produk anda dengan penawaran by one get one. Namun yang harus anda ketahui jika melakukan strategi ini adalah anda harus benar-benar menghitung jumlah laba sehingga anda tidak mengalami kerugian.

Titipkan Barang ke Toko

Strategi ini termasuk yang saya sukai. Karena anda akan memberikan sebagian laba ke toko yang bersangkutan sehingga saling menguntungkan dan menemui one one solutions. Cara melakukan strategi ini sangatlah mudah yaitu anda tinggal menitipkan barang ke toko yang sesuai dengan produk anda, dan bilang ke toko bahwa toko bisa menjual dengan harga yang telah anda tentukan.

Perlu diperhatikan anda harus memiliki data tentang jumlah produk yang dititipkan dan anda juga harus memiliki bukti kwitansi maupun tanda tangan dari pemilik toko untuk berjaga-jaga bila toko tersebut main curang.

Lakukan Promosi di Media Masa

Melakukan promosi di media masa yang terkenal dalam arti sering di beli oleh orang seperti koran, majalah, dan lainnya adalah promosi yang efektif karena dapat menarik pembeli yang berasal dari pembaca media masa tersebut dan tentunya media masa tersebut harus sesuai dengan produk yang anda miliki.

Terapkan Strategi MLM

MLM atau yang kepanjangan dari Multi Level Marketing. Strategi ini sangat banyak digunakan oleh prusahaan-perusahaan terkenal. Dengan menerapkan strategi ini maka anda dapat meraup keuntung dengan cepat karena anda tidak bekerja sendiri dalam artian anda akan dibantu oleh tim penjual dari orang yang telah bergabung dalam MLM anda.

Cara menggunakan strategi ini pun sangatlah mudah yaitu anda hanya mencari orang-orang yang mau bergabung dengan MLM anda dengan syarat orang tersebut membeli produk yang anda jual dan anda dapat memberikan point yang akhirnya point tersebut bisa ditukarkan ketika sudah mencapai point yang ditargetkan. Intinya mencari orang untuk menjual produk yang anda miliki dengan berbagai inovasi supaya menarik orang untuk bergabung dalam MLM anda.

Strategi Waralaba

Strategi ini hampir sama dengan MLM namun yang membedakannya adalah calon mitra harus membayar biaya yang telah anda tentukan seperti biaya untuk tempat, gerobak, peralatan, dan lainnya. Strategi ini lagi booming di kalangan pengusaha karena dengan menerapkan strategi ini maka bisnis anda cepat melambung dan pastinya anda juga mengantongi banyak laba dari pembelian bahan yang dilakukan oleh mitra anda.

Promosi Kreatif/Inovasi

Promosi yang satu ini adalah promosi yang harus anda terapkan dengan kreatifitas anda sendiri karena setiap pelaku bisnis yang sukses pasti memiliki inovasi tersendiri. Cara melakukannya adalah anda harus menggali diri anda sendiri untuk menemukan Energi Positif yang berubah menjadi sebuah Inovasi. Strategi ini hukumnya wajib anda gunakan karena sebagian dari masa depan bisnis anda terletak dari diri anda sendiri.

Baca Juga Artikel : Tips dan Cara menentukan Bisnis Yang tepat.

Setelah anda menerapkan strategi promosi dengan cara offline, maka saatnya anda terapkan juga strategi online. Berikut, strategi Promosi secara Online versi Waladala.com

Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah tempat terbaik untuk melakukan promosi secara online karena Media sosial adalah tempat berkumpulnya ribuan bahkan juta’an manusia dari berbagai kota, dan Negara. Anda bisa melakukannya dengan cara membuat halaman bisnis (Fans Page) di facebook, Twitter, Google plus, dan lainnya.

Untuk memaksimalkan promosi di media sosial ada baiknya anda menggunakan layanan adwords. Adwords adalah media promosi yang dibuat oleh sebagian media sosial seperti facebook, google, dan lainnya untuk memudahkan pemilik bisnis menemukan calon pembeli dengan berbagai cara yang telah ditentukan oleh pemilik Adwords. Saya sarankan anda memilih dua media periklanan yaitu di Adwords google karena setiap orang pasti mencari sesuatu yang diperlukan di mesin pencarian google, dan yang kedua di facebook adwords karena facebook sampai saat ini adalah salah satu media sosial yang digandrungi oleh masyarakat luas, muda maupun tua.

Membuat Website

Website sangat penting untuk pemasaran karena dengan adanya website maka calon pembeli dapat mengetahui kredibilitas dari bisnis/perusahaan anda, selain itu calon pembeli juga merasa aman dan percaya untuk membeli produk anda karena adanya website tersebut.

Manfaatkan Email Marketing

Email Marketing adalah sebuah email dari anda yang dikhususkan untuk calon pembeli yang tertarget. Cara memanfaatkannya yaitu anda harus memiliki data email calon pembeli dan megirimkan penawaran produk melalui alamat email orang tersebut.

Manfaatkan Applikasi Handphone

Applikasi handphone sangat penting untuk media promosi anda. Applikasi ini seperti BBM, Line, Whatsapp, Instragram, dan sejenisnya.

Gunakan Resseler dan Dropshiping

Startegi yang satu ini termasuk strategi yang paling jitu karena anda dapat dengan cepat menerima pembeli dari anggota resseler dan dropshipping. Namun yang perlu diperhatikan dari strategi ini adalah anda harus benar-benar menghitung secara matang laba yang akan anda berikan kepada resseler atau dropshipping anda.

Untuk Strategi pemasaran secara online yang lebih detail, anda bisa membaca artikel yang telah saya buat sebelumnya “Tips Sukses Bisnis Online Shop”. Strategi yang telah saya jelaskan diatas adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya (waladala.com). Semoga dengan pengalaman yang saya berikan bisa membantu anda untuk meningkatkan penjualan produk anda :).

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *