Awas Penipuan Atas Nama Mozilla Firefox

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Awas Penipuan Atas Nama Mozilla Firefox

Di awal tahun 2016 ketika saya sedang asyik berselancar di Internet ternyata ada informasi dari sebuah website yang menyerupai firefox (firefox.win-kupon.com/ps/indonesia) bahwa saya mendapatkan hadiah berupa Apple iPhone 6 Plus! Seperti berikut kata-kata yang tertera “Kepada pengunjung yang terhormat, Anda adalah pengunjung yang beruntung hari ini di: 2 Januari 2016 dari Indonesia…. Anda telah terpilih secara pribadi untuk berpartisipasi dalam survei pengunjung Tahunan 2015 kami! Beri Tahu kami apa pendapat anda tentang firefox, dan sebagai ucapan terima kasih, anda akan menerima Apple iphone 6 Plus!”

web-penipuan

Wow, karena undian tersebut mengatasnamakan firefox lantas saya percaya begitu saja dan mengisi semua halaman survei yang di sediakan. Ada 4 survei yang di sediakannya, Seperti berikut survei dari si penipu:

  1. Seberapa sering Anda menggunakan Firefox?
  2. Seberapa puas Anda dengan Firefox versi sebelumnya?
  3. Peramban web manakah yang lainnya yang Anda gunakan?
  4. Seberapa sering Anda menggunakan internet?

survei-penipuan

Ketika saya klik button “mengklaim hadiah saya sekarang” maka saya di hadapkan pada situs baru (indo-kupon.com) yang berisikan hadiah yang sangat menarik perhatian. Sehingga membuat saya lebih penasaran dan lebih percaya lagi bahwa saya benar-benar mendapatkan hadiah. Padahal sejatinya saya telah tertipu. Kurang lebih kata-katanya seperti berikut “Pilih hadiah favorit anda: Apple iPad Air, Samsung Galaxy S6, Apple iPhone 6s”

pemilihan-hadiah-si-penipu

Wah-wah siapa sih yang gak pengen dapet Apple iPad Air secara GRATIS??? Dan akhirnya saya memilih merk tersebut dengan cara klik button “Apple iPad Air”. Lhaa muncul lah halaman baru yang berisikan form pengisian data pribadi, seperti berikut “Bp/Mr Ibu (Mrs/Ms) Nama Lengkap, dan Alamat E-mail”

form-pengisian-data

Di form pengisian inilah saya mulai curiga dan mulai mencari kebenaran. Kala itu saya melihat “syarat & ketentuan” yang telah di atur oleh si penipu pada no 3 bahwa masa berlaku promosi tersebut setelah 1 juli 2015 dan pada/sebelum 30 desember 2015.

Baca Juga Artikel : Jual Pipa HDPE Terbaik dan Terpercaya Sertifikat SNI

Lantas saya berfikir “Lha sekarang kan sudah tanggal 2 januari 2016, kq masih ada saja pengundian tersebut” tak lama kemudian saya mencari kebenaran melalui blog-blog di media internet, ternyata oh ternyata banyak yang mengatakan bahwa undian tersebut adalah penipuan!

Karena saya jengkel, lantas saya memberikan nama dan alamat email palsu untuk mengetahui langkah berikutnya yang di berikan oleh penipu

Ketika saya klik button “Saya setuju dan lanjutkan!” ternyata saya di bawa ke halaman form pengisian data, saya isi saja dengan data palsu karena tujuan saya hanya untuk mengetahui langkah berikutnya dari si penipu.

Lagi-lagi si penipu mengarahkan saya ke halaman survei, namun survei kali ini lebih detail ke informasi pribadi saya bahkan di survei ini pun terdapat informasi tentang kartu kredit. Weleh-weleh sungguh terlalu. Saya lanjutkan mengisi survei dengan cara palsu.

Setelah saya klik button “klik disini untuk penawaran khusus untuk anda!” ternyata saya di hadapkan kepada pengisian email. Karena tujuan saya hanya untuk mengetahui langkah berikutnya maka saya langsung saja klik button” kirimkan saya promosi yang saya minta!”

Setelah saya klik button kirimkan saya promosi yang saya minta! Ternyata saya dapat mengetahui langkah selanjutnya dengan cara melihat ke alamat email yang telah saya berikan. Gimana caranya? Padahal saya memberikan alamat email palsu. Huhuhu

terakhir

Kesimpulan

Jika sobat menemui hal yang serupa silakan sobat abaikan saja, karena sudah pasti itu adalah penipuan. Jangan sampai sobat memberikan data pribadi seperti no handphone, nama, alamat, bahkan no kartu kredit, dan sebagainya karena dengan data pribadi sobat maka si penipu bisa mengambil uang yang ada di dalam kartu kredit sobat.

Namun jika sobat sudah terlanjur mengisi semua data dari si penipu maka solusinya adalah sobat non-aktifkan saja alamat email sobat, dan sobat silakan hubungi bank tempat sobat membuat kartu kredit dengan menginformasikan ke customer service bahwa ada pihak lain yang mengetahui no kartu kredit sobat.

Oiya, supaya sobat dapat terhindar dari penipuan seperti hal tersebut, saya ada sedikit tips yang bisa sobat pakai, sebagai berikut:

  • Jika sobat menerima pesan yang menyatakan bahwa sobat menang undian dan silakan kunjungi situs “blablabla.wordpress.com”, maupun sobat tiba-tiba di hadapkan di halaman website yang menyatakan bahwa sobat menang undian maka perhatikanlah url website perusahaan tersebut. Jika Url website tersebut memakai belakang “.wordpress.com” atau “.blogspot.com”, dan sejenisnya maka bisa di pastikan bahwa itu adalah penipuan. Kenapa saya katakan demikian? Karena website tersebut adalah website gratis dan sudah pasti kalau perusahaan ternama tidak akan pernah memakai website gratis.
  • Yang ke dua silakan sobat perhatikan akhiran dari website tersebut apakah (.com) atau (.co.id). Jika website tersebut memakai (.com) maka bisa di pastikan bahwa website tersebut adalah penipuan. Saya mengatakan penipuan karena perusahaan yang ternama dan berdiri di Indonesia sudah pasti memakai url website/domain (.co.id). Perbedaannya terletak dari, jika website dengan akhiran domain (.com) tidak ada syarat untuk membuat website namun jika (.co.id) memiliki syarat untuk membuatnya yaitu dengan syarat menyertakan foto copy KTP, SIUP/TDP, NPWP, dan Akta Notaris.
  • Jika perusahaan tersebut memakai Url website/domain (.co.id), anda juga jangan langsung percaya bergitu saja. Ada baiknya anda selidiki dulu perusahaan tersebut melalui bantuan mesin pencarian google atau melalui kerabat sobat.

Oke, Sampai di sini dulu artikel kali ini. Tetap Waspada dan Hindari segala trik yang di lakukan si penipu!

 

40 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *