Tips dan Cara Memilih Bisnis yang Tepat

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tips dan Cara Memilih Bisnis yang Tepat

“Bisnis apa yang tepat” kata-kata tersebut sering terlontar dari mulut dan pikiran kita ketika ingin melangkah untuk terjun dalam dunia bisnis. Memilih bisnis yang cocok dan tepat bukanlah pekara yang mudah sebab jika kita terburu-buru takutnya kita akan salah pilih namun jika kita terlalu lama berfikir takutnya peluang tersebut keburu diambil orang lain.

Sebenarnya semua pertanyaan tersebut bisa anda temukan jawabannya didalam diri anda sendiri karena suatu bisnis akan mudah dijalankan jika sesuai dengan passion, minat dan bakat yang anda miliki. Selain itu anda juga harus mengeluarkan modal untuk memulai suatu bisnis, di dunia ini tidak ada bisnis yang dilakukan tanpa modal jika ada maka jangan anda percayai karena sudah pasti orang tersebut mengada-ada. Modal yang saya maksud bukan hanya materi atau uang namun juga ilmu pengetahuan, keberanian, semangat dan pantang menyerah adalah modal terbesar dalam suatu bisnis. Dewasa ini banyak sekali pebisnis yang gulung tikar atau tutup sebelum 3 tahun itu semua karena mereka tidak memiliki modal tersebut.

Berikut Tips Memilih Bisnis yang Tepat

  1. Bisnis Sesuai dengan Passion

Kenapa dan apa itu passion? Passion adalah segala sesuatu yang anda sukai sehingga anda tidak akan merasa bosan untuk mengerjakannya. Passion juga bisa diartikan hobby. Jadi jika anda memilih bisnis sesuai dengan passion maka anda akan merasa senang untuk mengerjakannya namun kesuksesan suatu bisnis bukan hanya dilihat dari passion karena masih banyak hal yang harus anda lakukan supaya bisnis anda dapat sukses dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Bisnis Sesuai dengan Bakat

Bakat adalah sesuatu keahlian yang anda miliki dari lahir atau anda baru menyadarinya saat menginjak di usia tertentu. Menjalankan bisnis sesuai dengan bakat adalah suatu hal yang menurut saya sangat menyenangkan karena anda dapat menjalankannya dengan mudah namun juga anda harus sering ber-inovasi dengan bakat yang anda miliki supaya bisnis anda dapat terus berkembang.

  1. Mencari Peluang Usaha

Anda harus benar-benar teliti dan yakin terhadap peluang usaha yang banyak disekitar anda karena jika anda salah memilih peluang usaha maka anda bisa gagal ditengah jalan. Ada baiknya jika anda meneliti dahulu jejak usaha tersebut, bagaimana tentang pangsa pasar usaha tersebut, dan bagaimana dengan pesaing yang akan anda hadapi supaya anda tidak tertipu dan dapat menentukan arah kedepan tentang bisnis tersebut.

  1. Menyesuaikan Modal

Dalam menjalankan suatu bisnis pasti tak lepas dengan yang namanya modal. Jika anda pemula ada baiknya jika memilih bisnis dengan modal yang sangat sedikit supaya ketika ada sesuatu hal yang buruk menimpa bisnis anda maka anda tidak banyak mengalami kerugian. Bukan hanya itu anda juga harus menghitung biaya-biaya tak terduga, biaya overhead dan biaya-biaya lainnya jadi menurut saya mengawali bisnis dengan modal yang kecil adalah pilihan yang tepat.

  1. Jangan Ikut-ikutan Tren

Seorang wirausaha yang sukses bukan orang yang suka mengikuti tren karena kebanyakan bisnis yang mengikuti tren tidak ber-umur panjang. Bisnis jenis ini hanya akan sukses saat di masanya namun untuk masa berikutnya bisnis ini tidak menjanjikan alias bangkrut.

  1. Jangan Tergoda dengan Keuntungan yang Besar Dalam Waktu yang Singkat

Semua bisnis tidak ada yang dapat menghasilkan keuntungan dalam waktu yang singkat kecuali anda memelihara tuyul atau pesugihan. Hehe, ingat jangan dilakukan karena itu perbuatan dosa yang besar. Jika anda memulai bisnis karena ingin mendapatkan penghasilan yang besar dalam waktu yang singkat maka itu salah besar karena seorang pengusaha sejati memiliki visi kedepannya dan bagaimana caranya supaya usaha yang dibangun memperoleh hasil yang maksimal tentunya memerlukan waktu yang cukup lama.

  1. Take Action “Mengambil Tindakan”

Banyak orang tidak jadi mengambil bisnis yang di minati padahal dia sudah mempelajari tentang semua seluk beluk bisnis tersebut, semua terjadi karena dia tidak mengambil tindakan. Pengusaha yang sukses akan segera mengambil tindakan setelah mereka benar-benar paham dengan bisnis yang dipilih walaupun resiko didepan mata. Seperti yang diucapkan Bob Sadino “Sebagian besar orang ‘pintar’ sangat pintar menganalisis. Setiap satu ide bisnis, dianalisis dengan sangat lengkap, mulai dari modal, untung rugi sampai break event point. Orang ‘bodoh’ tidak pandai menganalisis, sehingga lebih cepat memulai usaha”.

  1. Jangan takut gagal

Mungkin saat ini anda sudah menemukan model bisnis yang tepat atau anda sudah memulai bisnis tersebut namun ada perasaan yang selalu mengganjal di hati yaitu “kegagalan”. Ingat guys kesuksesan itu hanyalah setitik puncak gunung kegagalan. Didunia ini tidak ada orang yang sukses tanpa kegagalan. Kegagalan adalah pelajaran untuk kita meraih kesuksesan. Dan yang perlu diingat adalah ketika anda memulai bisnis jangan sering berharap sukses karena anda akan merasa tertekan ketika menjalankan bisnis tersebut sehingga dapat mengakibatkan efek yang buruk terhadap kesehatan anda maupun bisnis yang sedang anda geluti.

Itulah beberapa tips memilih bisnis yang tepat. Intinya anda harus benar benar memahami tentang bisnis yang akan anda ambil. Catatlah langkah demi langkah anda membangun bisnis beserta seluruh anggaran yang telah anda keluarkan, dan catatlah planning bisnis anda untuk kedepannya supaya jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan atau kegagalan maka anda dapat membuat perubahan atas kesalahan yang telah terjadi. “Kesuksesan itu adalah hal yang tidak mudah untuk diraih namun mempertahankannya adalah sebuah tantangan yang lebih sulit dan harus anda selesaikan”.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *