Cara Menggunakan Yoast SEO di Post WordPress

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Cara Menggunakan Yoast SEO di Post WordPress
image : managewp.com

Sebenarnya artikel ini kelanjutan dari artikel sebelumnnya, yaitu “Cara Setting Plugin WordPress Yoast SEO”, supaya anda dapat menggunakan plugin ini dengan sempurna ada baiknya silakan baca artikel tersebut dan setelah membacanya silakan baca artikel ini.

Yoast SEO menawarkan On Page SEO yang menurut saya hampir sempurna karena plugin ini juga memberi kemampuan untuk menghitung skor SEO pada setiap posting artikel maupun halaman dengan menunjukan hasil skor mulai dari Posting Tidak Terindeks, Tidak Ada Kata Terfokus, Buruk, Ok, dan Bagus.

Supaya skor anda bagus dalam search engine maka anda harus menjadikan postingan memiliki nilai skor yang Bagus. Cara untuk mendapatkan skor yang Bagus sebenarnya sangatlah mudah yaitu dengan memberikan heading dua di bawah judul, memberikan heading tiga, memberikan kata kunci yang terfokus, memberikan deskripsi meta yang terfokus, dan memberikan alt pada gambar yang berada dalam posting tersebut sesuai dengan kata kunci terfokus. Perlu diperhatikan, walau nilai skor seo anda bagus namun semua itu belum menjadi faktor utama postingan anda ranking satu di search engine karena yang utama adalah anda harus memiliki konten yang original dalam arti tidak copy paste konten orang lain, dan harus memiliki jumlah kata konten lebih dari 1000 kata.

Bagi orang yang pandai menulis saya rasa 1000 kata adalah hal yang kecil namun bagi pemula pasti membutuhkan waktu yang lama bahkan bisa jadi memakan waktu dua hari. Jika anda masih pemula maka minimal harus memiliki 700-800 kata di setiap posting artikel. Oke, mari kita kembali ke topik utama, di artikel ini saya akan memandu anda untuk mendapatkan score yang bagus menurut Yoast SEO dengan contoh artikel yang ada di dalam waladala.com. Simak guys.

Melihat Nilai Score Yoast SEO

Setelah anda menulis artikel maka selanjutnya silakan anda lihat content analysis yang berada di bawah content. Disana menjelaskan berbagai hal yang harus anda terapkan supaya warna merah berubah menjadi hijau. Jika warna hijau lebih banyak dari pada warna merah dan orange maka postingan anda memiliki score yang Bagus. Lebih jelasnya lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

Langkah-langkah yang harus anda terapkan untuk mendapatkan warna hijau yaitu:

  1. Anda belum pernah menggunakan kata kunci fokus dalam judul artikel lainnya
  2. Judul halaman berisi fokus kata kunci
  3. Meta deskripsi berisi fokus kata kunci
  4. Deskripsi meta telah ditetapkan
  5. Gambar yang berada pada halaman tersebut berisi tag alt dengan fokus kata kunci
  6. Teks berisi lebih dari 300 kata minimum yang telah disarankan
  7. Judul halaman berisi 40 karakter
  8. Dan sebagainnya (Sesuai gambar diatas).

Jika nilai skor anda buruk atau ok maka anda harus melakukan perubahan, seperti berikut.

Silakan anda lihat menu Snippet Editor yang berada di bawah content, disana terdapat tiga bagian, yaitu Fokus Keyword, Judul, dan Meta Deskripsi. Silakan anda masukan meta deskripsi yang berisi sesuai fokus kata kunci dan memiliki maksimal 156 karakter jangan lebih dan jangan kurang. Sebagai contoh, lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

snippet-editor

Seperti gambar diatas bawah meta deskiripsi memiliki fokus kata kunci yaitu “sebenarnya, apa sih bisnis online?”.

Setelah itu silakan anda isi Fpkus Kata Kunci sesuai dengan fokus kata kunci (Judul Artikel). Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

Fpkus-Kata-Kunci

Seperti gambar diatas bahwa saya mengisikan fpkus kata kunci sesuai dengan fokus kata kunci (Judul). Untuk Kata kunci meta biarkan kosong saja.

Sekarang saatnya anda memberikan alt tag (Teks Alternatif) pada gambar yang berada di postingan sesuai dengan judul kata kunci. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

alt-tag-pada-gambar

Setelah itu silakan anda masukan heading dua sesuai fokus kata kunci (Judul Artikel). Lihat gambar

Masukkan juga heading tiga di dalam artikel. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

heading-tiga

Baca Juga Artikel : Plugin Terbaik Untuk Blog WordPress

Setelah anda melakukan perubahan mengikuti panduan diatas, silakan anda lihat lagi menu content analysis untuk mengetahui apa saja yang belum anda rubah. Lalu lihat score Yoast SEO di bawah content, pojok kanan atau juga bisa melihat di dashboard wordpress paling bawah. Lihat gambar.

Klik untuk melihat gambar »

score-seo

Nilai score yoast seo yang berada di dashboard wordpress paling bawah adalah nilai dari keseluruhan artikel yang anda miliki. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

score-seo-dashboard-wordpress

Baca Juga Artikel : Cara Membuat Website Gratis

Bagaimana, Apakah Score Yoast SEO anda sudah menjadi Good? Cara yang mudah bukan. Sebenarnya masih banyak cara lagi yang bisa digunakan untuk On Page SEO namun karena artikel ini membahas tentang Cara Menggunakan Yoast SEO di Post WordPress maka untuk cara lainnya On Page Seo akan saya jelaskan di artikel berikutnya. Sampai disini dulu artikel kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa kunjungi selalu waladala.com untuk mengetahui cara-cara optimasi SEO dan berbagai artikel inspiratif yang saya sediakan secara bertahap :).

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *