Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di WordPress

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di WordPress

Google Analytics wajib terhubung dengan website anda, supaya anda dapat melihat data-data pengunjung website secara detail. Dengan menghubungkan website anda maka anda dapat menganalisa perkembangan website, seperti jumlah pengunjung perhari nya, lokasi si pengunjung, hobby pengunjung, perangkat yang digunakan oleh pengunjung untuk mengakses website anda, sumber trafik, berapa lama pengunjung mengakses website anda, dan masih banyak lagi.

Supaya website anda dapat terhubung dengan google analytics ada dua langkah yang harus anda terapkan yaitu langkah pertama harus mendaftarkan website anda, dan langkah ke dua harus menghubungkan website anda dengan google analytics. Cara mendaftarkannya sangatlah mudah, dan akan saya terangangkan di artikel ini.

Untuk menghubungkannya Ada banyak cara, antara lain dengan cara manual atau dengan bantuan plugin. Nah, di artikel kali ini saya akan menjelaskan semuanya (komplit). Simak dan terapkan ya guys :).

Cara Daftar Google Analytics 2015

Sebelum anda mendaftar, anda harus memiliki akun google. Setelah anda memiliki akun google maka langkah selanjutnya, silakan klik link berikut untuk menuju google analytics www.google.com/analytic. Selanjutnya klik sign in dan pilih google analytics, yang berada di pojok atas sebelah kanan. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

sig-in-awal-analytics

Sekarang anda berada di halaman akun google, silakan anda masukan data login google yang telah disiapkan. Lihat gambar

Setelah anda login maka anda di bawa ke halaman pendaftaran, silakan anda klik sign up. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

daftar-analytics

Selanjutnya muncul halaman pengisian form wesbite anda, silakan isikan sesuai dengan data dari website anda. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

form-pendaftaran

Dari gambar di atas terdapat berbagai tab, antara lain:

  • Account Name

Silakan isi sesuai dengan deskripsi website anda

  • Website Name

Silakan anda isi sesuai dengan nama website

  • Website URL

Silakan isi sesuai dengan alamat URL website anda

  • Industri Category

Silakan anda pilih sesuai dengan kategori dari website anda

  • Reporting Time Zone

Pilih negara Indonesia dan otomatis zona waktu akan berubah

  • Untuk yang lainnya biarkan default saja
  • Setelah itu klik Get Tracking ID
  • Lihat Gambar

Klik untuk melihat gambar »

get-id

Selamat anda telah berhasil mendaftarkan website ke google analytics, namun supaya website anda bisa terhubung, seperti yang telah saya jelaskan di atas maka ada dua cara yang bisa anda gunakan yaitu dengan cara manual, atau dengan bantuan plugin. Silakan anda pilih salah satunya.

Cara Manual Menghubungkan Google Analytics

Setelah anda mendapatkan kode ID maka saatnya anda copy kode tersebut dan paste di penyunting tema/css. Dengan cara login ke dashboard wordpress anda, kemudian klik penyuntingan, pilih (footer.php) dan paste kode tersebut di atas sebelum tag </body>, dan jangan lupa klik simpan perubahan.

Copy script yang terdapat di halaman analytics anda. Lihat gambar

Paste script tersebut ke penyuntingan tema. Lihat gambar

Setelah anda melakukan cara diatas maka selamat, website anda sudah terhubung dengan google analytics. Namun, jika anda kebingungan dengan cara manual. Anda bisa menghubungkannya dengan bantuan plugin yaitu plugin “Google Analytics by Yoast”. Berikut langkahnya

Bantuan Plugin

Langkah pertama silakan anda install plugin “Google Analytics by Yoast” dan aktifkan plugin tersebut, setelah itu maka muncul menu baru yaitu analytics. Nah, disanalah anda dapat dengan mudah menghubungkan website ke google analytics. Dengan cara, copy kode analytics (bukan script) kemudian paste ke menu setting analytics di dalam dashboard wordpress anda, pilih tab general, dan jangan lupa klik save changes.

Copy kode yang terdapat di halaman analytics anda. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

copy-script-ke-plugin

Paste kode tersebut ke pengaturan analytics di dalam wordpress. Lihat gambar

Baca juga artikel : Tips Meningkatkan Keamanan Website WordPress

Bagaimana, cara mana yang akan anda gunakan untuk menghubungkan website dengan google analytics? Saya yakin anda menggunakan cara dengan bantuan plugin, karena cara tersebut sangatlah mudah dan tanpa ada kesalahan.

Sebenarnya masih ada banyak lagi plugin yang bisa menghubungkannya, namun menurut saya plugin tersebut lebih simpel dan mudah untuk digunakan karena saya sendiri memakai plugin tersebut. hehe. Sampai disini dulu artikel sekaligus tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *