Cara Setting Plugin WordPress Yoast SEO

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Cara Setting Plugin WordPress Yoast SEO
image : yoast.com

Plugin WordPress Yoast SEO yang sebelumnya bernama SEO by Yoast adalah salah satu plugin unggulan para blogger termasuk saya untuk memaksimalkan kinerja On Page SEO pada website. Plugin ini menawarkan berbagai fitur yang sangat canggih dan sudah terbukti kehebatannya, sehingga para blogger dan pelaku bisnis internet marketing memilih plugin ini untuk dijadikan senjata pemasaran yang paling ampuh.

Jika anda masih pemula dan belum mengetahui apa itu On Page SEO, silakan anda baca artikel yang telah saya sediakan melalui link berikut “Apa itu SEO & Apa Manfaatnya untuk Pelaku Bisnis Online”. Di dalam artikel tersebut saya menjelaskan secara detail mengenai SEO. Setelah anda tertarik menggunakan plugin ini maka langkah pertama adalah dengan menginstallnya.

Cara Install Plugin WordPress Yoast SEO

Cara install plugin ini sangatlah mudah. Langkah pertama silakan anda login terlebih dahulu di wordpress anda, setelah itu silakan anda klik menu plugin dan tambah baru, kemudian masukan nama plugin yaitu Yoast SEO dan klik instal sekarang. Setelah anda menginstallnya kemudian klik aktifkan plugin. Lebih jelasnya, silakan klik tombol lihat gambar di bawah ini.

Klik untuk melihat gambar »

install plugin

Setelah anda install dan mengaktifkan plugin tersebut, maka muncul menu baru di dashboard bernama SEO, disanalah tempat anda untuk menyeting plugin tersebut. Berikut panduannya.

Cara Setting Plugin WordPress Yoast SEO

Silakan anda pilih menu SEO di dashboard wordpress, kemudian muncul beberapa menu, silakan anda pilih perangkat webmaster untuk memasukkan kode dari beberapa layanan seperti alexa, bing webmaster, google search console, dan yandex webmaster.

Kemudian di bagian keamanan silakan anda centang, jika anda memiliki beberapa penulis, editor, dan lainnya maka anda harus mencentang bagian keamanan supaya si penulis maupun editor tidak leluasa melakukan pengaturan di dalam wordpress yang tidak anda inginkan. Untuk bagian OnPage.org terserah anda mau mencentang cheklist atau tidak karena fungsinya menurut saya tidak terlalu penting, fitur tersebut adalah fitur baru dari plugin ini yang berguna untuk menghitung ulang kekuatan SEO pada semua konten yang anda miliki. Oiya, jangan lupa klik simpan perubahan setiap kali anda merubah pengaturan pada bagian-bagian pengaturan umum SEO. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

cara seting yoas seo

Setelah itu saatnya anda melakukan setting di menu titel & Metas. Terdapat beberapa bagian di menu ini, antara lain: Umum, Beranda, Tipe Posting, Taksnomi, Arsip dan lainnya. silakan anda melakukan pengaturan pada bagian umum, dan beranda, untuk bagian lainnya biarkan default saja atau jika anda ingin melakukan experimen silakan anda otak-atik pada bagian tersebut. Jangan lupa klik simpan perubahan. Lihat gambar.

Klik untuk melihat gambar »

cara-setting-yoast-seo-bagian-titel

Langkah selanjutnya, silakan pilih menu Sosial maka muncul beberapa bagian, yaitu: Akun, Facebook, Twitter, Pinterest, dan Google plus. Isikan kolom yang ada pada bagian tersebut sesuai dengan data-data dan URL akun media sosial yang anda gunakan. Setelah itu klik simpan perubahan. Lihat gambar.

Pada menu Peta Situs XML terdapat chklist untuk mengaktifkan fungsi sitemap XML, namun saya tidak mencentangnya karena saya lebih suka memakai plugin khusus Sitemap XML. Lihat gambar.

Klik untuk melihat gambar »

cara setting yoast seo

Sekarang silakan anda pilih menu lanjutan. Pada menu lanjutan terdapat tiga bagian, yaitu: Breadcrumbs, Tautan Permanen, dan RSS. Pada menu ini saya hanya memakai bagian Breadcrumbs karena fitur ini sangat penting untuk pengguna website anda yaitu memudahkan pengguna/pengunjung untuk kembali ke beranda maupun untuk melihat kategori dari postingan anda (Internal Links) dan RSS karena fitur ini sangat penting untuk mengantisipasi seseorang yang mencuri artikel anda (copy-paste) sehingga akan muncul nama website anda ketika orang tersebut menaruh artikel didalam postingannya. Untuk bagian tautan permanen (Permalinks), saya tidak menggunakan fitur tersebut karena saya lebih suka mengaturnya dengan cara manual dari pengaturan dashboard wordpress. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

cara-setting-yoast-seo-bagian-lanjutan

Supaya fitur Breadcrumbs dapat bekerja dengan baik maka anda bisa meng-copy kode yang telah disediakan pada bagian tersebut lalu paste ke penyuntingan tema/css kemudian pilih (single.php) dan paste di atas tag content. Lebih jelas lihat gambar.

Klik untuk melihat gambar »

cara setting yoas seo breadcrumbs

Setelah anda klik “our knowledge-base article on breadcrumbs implementation” maka muncul halaman seperti berikut. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

cara-setting-yoast-seo-breacrumbs-satu

Silakan anda copy script yang telah saya beri tanda panah di atas, kemudian paste di penyuntingan tema/css tepat di atas tag content. Kemudian klik perbarui berkas. Lihat gambar.

Klik untuk melihat gambar »

cara-setting-yoast-seo-breadcrumb-bagian-dua

Pada menu Alat terdapat empat bagian, yaitu: Editor Massal yang berfungsi untuk mengubah judul dan deskripsi pos dan halaman. Impor dan Ekspor yang berfungsi untuk meng-impor plugin seo lainnya dan meng-ekspor semua setting yang telah anda lakukan pada plugin ini ke website/blog yang lainnya. Penyunting Berkas yang berfungsi untuk membuat atau merubah berkas dari robots.txt dan .htacces tanpa harus masuk ke Cpanel. Recalculate SEO Scores yang berfungsi untuk menghitung ulang kekuatan SEO pada konten anda. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

cara-setting-yoast-seo-menu-alat

Untuk menu Konsol pencarian berfungsi untuk mengijinakn plugin Yoas Seo mengambil informasi dari Googke Search Console yang anda miliki. Jika anda mengizinkan maka paste kode dari Google Search Console ke kolom tersebut dan klik Autentikasikan.

Pada menu terakhir Ekstensi berfungsi untuk anda yang upgrade plugin ini ke premium (Berbayar).

Artikel Terkait : Cara Mudah Menentukan Keyword

Tutorial diatas untuk versi baru dari plugin Yoast SEO. Terlihatnya rumit namun jika dilakukan step by step mengikuti tutorial pada artikel ini pasti sangatlah mudah. Demikian artikel kali ini, semoga dapat membantu anda menjadikan artikel ranking 1-10 di search engine :). Jika ada yang perlu dipertanyakan silakan tinggalkan jejak komentar di bawah ini dan jangan lupa klik tombol like dan berbaginya guys :).

6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *