Apa itu Domain?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Apa itu Domain?

Ketika kita hendak membuat website pasti terlintas dalam fikiran “nama apa yang tepat untuk website yang sesuai dengan konten dalam web”? nah yang kita pertanyakan tersebut sebenarnya itulah sebuah nama domain. Jika anda masih bingung, saya akan menjelaskan di artikel ini tentang apa itu domain?

Apa itu Domain?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer maupun internet. Domain juga dipergunakan untuk mempermudah pengguna internet untuk mengingat alamat sebuah website.

Saya ibaratkan anda akan membuat situs website penjualan barang elektronik kuno maka anda dapat memilih nama domain “elektronikkuno.com” atau anda akan membuat website dengan konten bisnis terkini maka anda dapat memilih nama domain “bisnisterkini.com”, nah yang saya beri tanda kutip tersebut adalah nama domain. Yang perlu diingat, lebih baik anda memilih nama domain yang mudah diingat oleh semua orang seperti waladala.com.

Nama domain sendiri hanya dapat digunakan oleh satu orang saja yang berarti jika nama domain yang hendak anda pilih tidak tersedia berarti nama domain tersebut sudah dimiliki oleh orang lain dan anda harus memilih nama domain lainnya yang sesuai dengan topik konten dalam website atau dengan solusi lainnya yaitu dengan menambahkan bebarapa huruf atau karakter (-) dibelakang nama domain yang hendak anda pilih. Untuk mengecek ketersedian nama domain, anda bisa mengecek melalui situs berikut research.domaintools.com.

Nama domain tidak bisa anda miliki selamanya karena untuk memperoleh nama domain, anda harus menyewanya pertahun dijasa penyedia domain seperti niagahoster.co.id, atau penyedia lainnya. Domain tidak bisa diakses tanpa memiliki server hosting maka untuk dapat mengakses domain, anda juga harus menyewa hosting. Jika anda pemula maka saya sarankan menyewa domain dan hosting di satu perusahaan yang sama supaya anda tidak kebingungan untuk menyettingnya.

Pada dasarnya Domain berhubungan erat dengan TLD ( Top Level Domain). TLD adalah istilah akhiran atau ekstensi dari nama domain, seperti (.com), (.net), (.co.id), (.org), dan sejenisnya.
Nah ekstensi ini wajib kita pahami supaya tidak sembarangan memberi nama ekstensi karena ekstensi memiliki tujuan tersendiri. Dewasa ini banyak sekali saya lihat situs website dengan konten pribadi namun memakai ekstensi (.org), padahal tujuan dari (.org) adalah ekstensi untuk organisasi. Waladalaaa, supaya tidak salah kaprah memahami arti ekstensi, saya akan menjelaskan macam-macam ekstensi dan tujuannya.

Baca Juga : Cara Membuat Website Gratis di WordPress

Macam-Macam Ekstensi

Ekstensi memiliki dua fungsi yaitu gTLD (Global Top Level Domai) dan ccTLD (Country Code Top Level Domain).

1. gTLD (Global Top Level Domain)

Jenis ekstensi ini bersifat umum, dan biasanya digunakan oleh perusahaan/instasi yang merambah di dunia internasional, dan juga biasanya digunakan oleh situs pribadi untuk keperluan apa saja. gTLD di bagi menjadi beberapa macam, yaitu:

  • COM

Singkatan dari Commercial (Komersial). Nama domain dot com biasanya digunakan untuk nama-nama komersial atau lembaga bisnis. Namun nama ekstensi ini dapat digunakan untuk keperluan apa saja seperti, untuk situs pribadi, news, penjualan produk, dan sebagainnya. Nama ekstensi ini sangat digandrungi oleh berbagai pemiliki situs karena mudah untuk diingat.

  • NET

Singkatan dari Network atau Networking, yang artinya jaringan. Ekstensi domain ini diperuntukan untuk nama-nama yang berhubungan dengan jaringan seperti, perusahaan komputer, IT, dan layanan-layanan internet sejenisnya.

  • ORG

Singkatan dari Organization (Organisasi). Ekstensi domain ini diperuntukan untuk website organisasi, kelompok, lembaga, dan sejenisnya.

  • BIZ

Singkatan dari Business (Bisnis). Ekstensi domain ini diperuntukan untuk website yang berhubungan dengan bisnis. Ekstensi domain ini juga dijadikan alternatif jika ekstensi .COM sudah dipakai orang lain.

  • INFO

Singkatan dari Information (Informasi). Ekstensi domain ini diperuntukkan untuk website yang berhubungan dengan informasi. Seperti, lalulintas.info, kegiatan.info, dan sebagainya.

2. ccTLD (Country Code Top Level Domain)

Jenis ekstensi ini menunjukkan bahwa website berada di lokasi atau Negara tertentu, dan untuk memakai ekstensi domain jenis ini ada syarat khusus yang diberikan. ccTLD juga dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:

  • CO.ID

Singkatan dari Company Indonesia. Ekstensi domain ini diperuntukan untuk website perusahaan yang berada di Indonesia. Seperti, Niagahoster.co.id.

Syarat untuk memakai ekstensi ini, yaitu fotocopy KTP, SIUP/TDP, NPWP, dan Akta Notaris.

  • OR.ID

Singkatan dari Organization Indonesia. Ekstensi domain ini diperuntukan untuk website organisasi yang berada di Indonesia. Seperti, LSM, Ormas, dan sebagainya.

Syarat untuk memakai ekstensi ini, yaitu fotocopy KTP, Akta Notaris, dan SK Internal Organisasi.

  • AC.ID

Singkatan dari Academy Indonesia. Ekstensi domain ini diperuntukan untuk website lembaga pendidikan (akademi) yang berada di Indonesia. Seperti, Universitas, dan sebagainya.

Syarat untuk memakai ekstensi ini, yaitu fotocopy KTP, SK Depdiknas Pendirian Lembaga dan SK Pengangkatan Rektor atau Pimpinan.

  • SCH.ID

Singkatan dari School Indonesia. Ekstensi domain ini diperuntukan untuk website sekolah dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di Indonesia.

Syarat untuk memakai ekstensi ini, yaitu fotocopy KTP, dan Surat permohonan dari Kepala Sekolah.

  • GO.ID

Singkatan dari Government Indonesia. Ekstensi domain ini diperuntukan untuk website instansi atau lembaga pemerintah yang berada di Indonesia.

Syarat untuk memakai ekstensi ini, yaitu fotocopy KTP, dan Surat permohonan yang di tanda tangani oleh Sekjen/Sekmen/Sekut untuk pemerintah pusat.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis ccTLD (Country Code Top Level Domain), seperti (.MY) untuk negara Malaysia, (.SG) untuk negara singapura, dan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa mengunjungi situs dibawah ini.
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Internet_top-level_domains.

Cukup sampai disini, semoga anda bisa memahami secara mendetail tentang pengertian domain.
Semoga artikel kali ini dapat membantu anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *