Ketahuilah Jenis Blog Sebelum Membuat Blog!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Ketahuilah Jenis Blog Sebelum Membuat Blog!
image : afrenchguyinlondon.com

Sebelum anda membuat blog atau website ada baiknya jika anda memahami jenis-jenis blog supaya di tengah perjalanan anda tidak merasa bingung untuk memilih topik content yang sesuai dengan tema di dalam blog. Anda dapat mencari tema yang sesuai dengan hobby dan minat yang ada dalam diri.

Jenis Blog Berdasarkan Konten dan Tujuannya

  • Blog Pribadi

Blog pribadi sering digunakan hanya untuk mengisi waktu luang misalnya dengan konten tentang riwayat hidup, catatan harian dan curhatan si pemilik blog, dan lainnya. Blog jenis ini tidak digunakan untuk mencari uang karena si pemilik blog akan terus menerus secara berkala membuat isi konten tentang kehidupan dan hobbynya. Namun jika anda ingin narsis dan terkenal di dunia maya maka jenis blog ini cocok untuk anda. Banyak sekali orang yang terkenal dari jenis blog ini, misalnya blog milik Raditya Dika. Konten didalam blog Raditya Dika berisi tentang hal-hal lucu dalam kehidupan sehari-harinya dan ia kelola dengan baik sehingga banyak pengunjung yang suka mengunjungi blognya setiap hari, ia sukses dan terkenal bukan hanya di dunia maya namun juga di dunia nyata seperti di Stand up Comedy, iklan di media televisi, berbagai film yang di sutradarainya dan lainnya.

  • General Blog

General blog merupakan blog yang berisi macam-macam topik yang tidak terbatas atau biasa disebut dengan blog Gado-Gado. Jenis blog ini paling banyak dipakai karena isi konten atau Topik yang tidak ada bahasan khusus. Blog ini juga sering digunakan para blogger untuk mencari uang namun yang biasa jadi kendala adalah ia kesulitan untuk mencari jenis iklan yang akan dimasukan dalam blognya.

  • Nice Blog

Nice blog adalah blog yang memiliki thema atau topik tertentu seperti blog yang berisikan tentang kesehatan, bisnis, gadget, pendidikan, dan tema khusus lainnya. Jenis blog ini yang paling digandrungi para blogger untuk mencari uang karena selain disukai oleh google juga mudah mencari iklan yang dimasukan dalam blog sesuai dengan nice atau tema dalam blognya.

  • Blog Perusahaan

Blog perusahaan merupakan blog yang berisi tentang informasi penting, memperkenalkan produk terbaru, dan untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Jenis blog ini sering dipakai perusahaan untuk media promosi produk terbaru dan memperluas brand yang dimilikinya.

Baca Juga : Sebenarnya, apa sih bisnis online?

Jenis Blog Berdasarkan Platfromnya

  • Free Blog (Blog Gratis)

Blog Gratis adalah jenis blog yang cukup populer dan diminati sampai saat ini karena dalam jenis blog ini tidak ada biaya sedikitpun yang dikeluarkan kecuali paket internet namun kekurangan dari blog ini adalah tidak adanya pulgin yang tersedia, dan tidak nampak blog yang profesional. Jenis Blog ini adalah blog yang meggunakan pihak ketiga sebagai penyedia blog yang memiliki ciri khas tercantum nama pihak ketiga pada nama blog yang telah dibuat seperti waladala.blogspot.com, waladala.wordress.com, waladala.webly.com, dan lainnya.

  • Self-Hosting Blog

Self-Hosting Blog adalah jenis blog yang dibuat dengan menggunakan domain dan hosting sendiri. Blog ini tidak terikat dengan pihak ketiga karena pemilik blog membayar layanan tersebut dengan cara membeli domain dan hosting sendiri. Biasanya jenis blog ini digunakan untuk yang serius terjun di bisnis online seperti blogger profesional, internet marketing, pemilik toko online, perusahaan yang ingin memperluas brandnya dan untuk promosi lainnya sehingga terlihat profesional. Harga sewa domain dan hosting per tahun ber-aneka ragam ada yang murah dan ada yang hingga jutaan rupiah tergantung dari penyedianya, saya rekomendasikan beli paket hosting di niagahoster.co.id karena selain murah, kualitas dan pelayanannya sangat baik. silakan kunjungi situs tersebut.

  • Micro Blog

Micro blog atau yang sering disebut microblogging merupakan blog yang kontennya ditulis dengan jumlah karakter yang terbatas, dan tidak seperti jenis blog lainnya. contoh dari micro blog adalah facebook, twitter, linkedin, dan lainnya.

  • Citizen Journalism Blog

Citizen journalism blog adalah blog yang ditulis oleh warga atau orang biasa yang bukan jurnalis profesional dan disediakan oleh pihak tertentu seperti kompasiana, blogdetik, dan lainnya.

Blog Berdasarkan Formatnya

  • Vlog (Video Blog)

Vlog atau Video Blog merupakan blog dengan konten utamanya yang mengandalkan video. Seperti youtube.com, video.com, dan lainnya.

  • Photoblog (Phlog)

Photoblog atau Phlog merupakan blog dengan konten utamanya yang mengandalkan foto.

  • Audio Blog

Audio Blog merupakan blog dengan konten utamanya mengandalkan isi rekaman suara atau vokal seperti mp3 blog, podcast, musicblog dan bisa didownload secara bebas.

  • Blog iklan baris

Blog iklan baris merupakan blog yang berisi kumpulan iklan baris untuk ber-promosi dan menghasilkan uang dari iklan yang diterima. Biasanya blog ini tidak memiliki kontent yang banyak hanya memiliki sedikit kata untuk berpromosi.

  • Spam Blog (Splog)

Spam blog atau splog sesuai dengan namanya spaam. Jenis blog ini biasanya digunakan hanya untuk spam oleh orang yang hobby nyepam atau spammer.

Dari beberapa jenis blog yang telah disebutkan, sekarang anda dapat memutuskan untuk memilih jenis blog yang sesuai dengan hobby, minat, dan bakat yang anda miliki. Perlu diingat jangan gegabah memilih jenis blog karena bisa ber-resiko dalam perjalan blogging yang anda lakukan. Sesuai kata pepatah jawa “Alon-Alon Asal Kelakon”.

Semoga artikel kali ini dapat membantu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *