Tips Sukses Membangun Kerajaan Bisnis

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tips Sukses Membangun Kerajaan Bisnis

Membangun bisnis mulai dari nol bukanlah pekara yang mudah. Derasnya keringat di sertai tetesan air mata dalam do’a selalu mewarnai langkah para pelaku bisnis. Seorang pebisnis yang sukses selalu menghitung secara tepat langkah sikap dan segala resiko yang ada di depan mata, selalu berjuang dan tak kenal putus asa. Lain halnya dengan pebisnis yang hanya mengikuti arus sehingga menemui jalan buntu berlapiskan dinding yang kokoh dan tak pernah menuju puncak kejayaan.

Membangun bisnis ibarat membangun sebuah kerajaan yang dimana tersusun mulai dari tatanan diplomat bertujuan untuk membangun dan menemukan rekan/relasi yang dapat memajukan bisnis anda, pemerintahan atau saya artikan sebagai karyawan hingga masyarakat atau saya artikan sebagai customer. Jika pelaku bisnis mencontoh susunan dan tatanan kerajaan yang selalu menjalin hubungan yang baik dengan rekan atau relasi dari kerjaan lainnya dan menaungi atau memberikan kenyamanan beserta solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat sesuai dengan produk yang anda miliki, maka bisa jadi orang tersebut sukses dalam bisnis yang sedang di bangun. Karena inti dari arti kesuksesan sebuah bisnis adalah sukses membangun dan menjalin hubungan antara pelaku bisnis dengan customer. Bayangkan saja, jika bisnis yang sedang anda jalankan tidak memiliki sebuah rasa emosional tersendiri dengan para customer, sudah pasti bisnis anda akan menghilang dalam sekejap karena tidak terjual sedikitpun produk yang anda miliki.

Banyak cara memberikan rasa kepada para customer, antara lain dengan cara pendekatan sehingga muncul perbincangan dan memberikan rasa kepada customer sehingga ke-esokan hari nya customer tersebut akan mencari anda untuk berbagi rasa sekaligus membeli dagangan yang anda miliki, dengan nominal yang tak terhitung.

Saya pernah ter-motivasi oleh pebisnis yang handal di dalam bidang properti didaerah jakarta. Dia dapat menjual puluhan unit rumah sekaligus apartemen dalam waktu yang sekejap. wow, sungguh luar biasa orang tersebut. Lantas, saya bertanya-tanya “apa rahasia orang tersebut”?. Singkat cerita dia mem-posting rahasia sukses di dalam akun facebook yang dimilikinya yaitu “Saya tidak menjual produk/properti namun saya memberi saran dan membantu para customer untuk menemukan pilihan yang terbaik untuk mereka”. Lantas saya terdiam sekejap memikirkan arti dari ucapan orang tersebut, dan saya bisa artikan bahwa orang tersebut berhasil memberikan rasa kepada customer sehingga membuat customer membeli produk yang dimilikinya dalam jumlah yang tak terhingga. Dari orang tersebut kita dapat mengambil banyak pelajaran tentang arti sebuah bisnis yang sesungguhnya.

Mari kita kembali ke topik utama. Berikut, tips versi waladala.com.

Tips Sukses Membangun Kerajaan Bisnis

  • Niat dan Tekad yang Kuat

Niat yang baik dalam berbisnis akan membawa berbagai manfaat untuk semua orang sehingga memungkinan bisnis anda melambung dengan pesat. Niat dan Tekad menjadi satu keutuhan yang utuh di dalam jiwa seorang pebisnis karena jika anda hanya memiliki niat tanpa adanya tekad maka bisnis anda tidak akan pernah berjalan, dalam arti anda hanya memiliki angan-angan di dalam hati dan fikiran untuk berbisnis namun tidak pernah melakukan sebuah tindakan atau keberanian untuk mengambil segala resiko yang akan menghadang.

  • Jujur

Seorang pebisnis yang jujur akan selalu di datangi oleh para customer, karena anda memiliki hati yang jujur sehingga menimbulkan energi postif di dalam dagangan yang anda miliki, dan customer pun merasa nyaman ketika membeli produk yang anda miliki. walaupun tidak menutup kemungkinan akan terjadi banyak kompetitor yang mengganggu bisnis anda.

  • Berserah Diri dan Berdo’a Kepada Sang Pencipta

Jika ingin bisnis anda sukses dunia akhirat dan barokah, maka anda harus benar-benar berserah diri dan meminta kepada sang pencipta dengan hati yang ikhlas. Perlu anda ketahui, pebisnis yang sukses selalu ada komunikasi dengan penciptanya di setiap langkahnya. Komunikasi yang saya maksud adalah do’a, karena ber-do’a adalah wujud dari komunikasi anda dengan sang pencipta.

  • Pantang Menyerah

Seorang pebisnis harus memiliki jiwa yang pantang menyerah karena tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis yang anda jalani bisa terhenti di tengah jalan dan anda membutuhkan jiwa tersebut, untuk bangkit kembali dan membangun bisnis anda hingga menuju kejayaan.

Jika bisnis yang sedang anda alami terhenti ditengah jalan maka bangkitkanlah jiwa pantang menyerah di dalam diri anda dengan cara melihat bayi yang selalu merangkak, terjatuh berkali-kali sehingga bayi tersebut bisa berdiri tegap dan gagah.

  • Bersabar

Pada tahun pertama anda membangun bisnis, bisa jadi anda belum menerima keuntungan atau anda belum balik modal (BEP). Jika itu terjadi maka jalan satu-satunya adalah bersabar dan terus ber-usaha. InsyaAllah bisnis anda dapat berkembangan secara perlahan.

  • Inovasi

Seorang pebisnis yang handal dan sukses selalu memiliki berbagai inovasi untuk produknya. Karena dengan adanya inovasi maka bisa menjadikan bisnis anda menang dalam bersaing dengan kompetitor dari jenis kategori produk anda.

  • Rekan dan Relasi

Rekan dan Relasi sangat penting untuk kemajuan bisnis anda, karena tanpa adanya bantuan dari mereka maka bisa dipastikan bisnis anda tidak pernah berjalan secara maksimal.

  • Tim yang Solid

Apakah bisnis anda memiliki karyawan? Jika iya, maka anda harus menjadikan karyawan tersebut sebagai tim yang solid dan bahagiakanlah karyawan anda dengan memenuhi kebutuhan mereka sesuai dengan kinerja nya. Perlu di ingat, Sebagian kesuksesan dari bisnis anda karena keringat dan keuletan karyawan anda.

  • Jangan Pernah Sombong

Sikap dan sifat sombong sangat di benci oleh Tuhan, maka dari itu hilangkanlah sifat sombong yang ada di dalam diri anda karena bisa jadi ketika bisnis anda sudah sukses dan anda memiliki sifat sombong maka dalam sekejap kesuksesan yang telah anda capai bisa musnah.

  • Berbakti Kepada Orang Tua

Apakah saat ini anda masih memiliki orang tua? jika iya, muliakanlah orang tua anda dengan cara berbakti kepada mereka, karena ridho ALLAH adalah ridho orang tua. Namun, jika orang tua anda sudah wafat maka do’akanlah mereka di dalam setiap ibadah anda.

  • Santuni Yatim Piatu

Santunilah anak yatim dan piatu dengan memberikan nafkah kepada mereka atau jika belum ada uang maka nasehatilah mereka dengan perkataan yang benar dan jagalah mereka karena sejatinya anak yatim maupun piatu tidak memiliki rasa hangatnya sentuhan dari orang tua dan belum bisa menentukan jalan yang benar tanpa adanya orang yang membimbing mereka.

Bukan hanya itu, dengan membahagiakan mereka maka anda berkesempatan mendapatkan do’a dari mereka yang di mana do’anya sangat mustajab. Namun perlu di ingat, bahagiakanlah mereka dengan rasa ikhlas tanpa mengharap suatu imbalan apapun dari mereka.

  • Infakkan Sedikit Hartamu

Infakanlah sedikit hartamu kepada orang yang tak mampu dengan rasa yang ikhlas. Dengan menginfakkan hartamu maka Allah akan menggantinya dengan berlipat ganda.

  • Susun Strategi Pemasaran

Susunlah strategi pemasaran supaya bisnis anda cepat melambung. Jika anda belum mengetahui strategi jitu tentang promosi/pemasaran silakan baca artikel yang telah saya buat sebelumnya “Strategi jitu promosi versi waladala.com”.

  • Jangan Sia-siakan Waktu

Waktu sangat berharga untuk seorang pebisnis. Jika anda memiliki waktu yang luang maka jangan sering anda gunakan untuk nongkrong ataupun untuk segala hal yang tiada manfaatnya. Nongkrong ataupun refreshing bisa anda lakukan satu bulan sekali atau satu minggu sekali jangan berlebihan karena anda masih harus menyusun berbagai keperluan untuk bisnis anda.

  • Motivasi

Seorang pebisnis harus memiliki motivasi yang berfungsi untuk membangkitkan jiwa semangat di dalam diri. Tidak bisa dipungkiri, bahwa suatu saat anda akan down ketika menemukan kerumitan dalam bisnis anda, nah di saat itulah anda harus memiliki motivasi. Ntah hal apa yang dapat memberikan motivasi kepada diri anda, ataukah keluarga anda, dan atau motivasi dari orang lain.

Tips yang telah saya berikan di atas hanyalah beberapa dari banyaknya tips untuk kesuksesan bisnis anda. Jika ada tips yang tidak sesuai atau tidak berkenan di hati anda, silakan masukan kritik dan saran di dalam komentar yang berada di bawah ini. Sampai disini dulu artikel kali ini, semoga dapat membantu perjalanan bisnis anda :).

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *