Tips Ngeblog Saat Musim Hujan

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tips Ngeblog Saat Musim Hujan

Ngeblog di musim hujan adalah salah satu tantangan untuk para blogger. Hujan selalu identik dengan adanya petir, angin yang kencang, dan pemadaman listrik yang dimana hal tersebut dapat berdampak buruk terutama untuk para blogger. Bisa dibayangkan jika kita sedang asyik membuat konten artikel eh ternyata hujan di sertai angin kencang datang dengan tiba-tiba sudah pasti mau tidak mau kita sebagai blogger harus mengakhiri aktifitas tersebut.

Hujan di sertai angin kencang sering terjadi jika memiliki rumah yang MeWah (Mepet Sawah/Dekat Sawah) ya seperti saya ini, setiap mendung gelap menghampiri dan rintikan hujan mulai menerpa bergegaslah saya mematikan komputer tanpa shutdown, walaupun itu tidak bagus untuk kesehatan komputer namun bagaimana lagi karena di daerah rumah saya jika hujan selalu disertai angin kencang seperti badai jadi harus selalu waspada.

Hujan yang di sertai petir juga sangat bahaya untuk para blogger karena arus petir dapat menyambar listrik sekaligus sinyal dari modem maupun wifi yang kita gunakan. Banyak sekali kasus kematian yang disebabkan oleh petir, mulai dari orang yang tewas karena tersambar petir, orang yang tewas karena menggunakan handphone ketika ada petir, dan sebagainya. Dari pengalaman tersebut dapat membuat kita senantisa waspada ketika hujan di sertai petir menyambar di wilayah kita dengan cara mematikan semua alat komunikasi dan elektronik.

Selain itu hujan juga sering mengakibatkan pemadaman listrik yang di mana dapat membuat kepanikan dan kegalauan ketika para blogger sedang menulis artikel di microsoft office tanpa di save, sudah pasti artikel tersebut hilang dengan sendirinya. Nah dari perihal tersebut saya hendak memberikan tips untuk para blogger.

Tips Ngeblog Saat Musim Hujan

Susun Jadwal

Menyusun jadwal untuk posting artikel adalah pilihan yang tepat di saat musim hujan. Menyusun jadwal yang bagus adalah dengan cara mempersiapkan jenis konten yang hendak di buat pada malam hari untuk di ketik maupun di publish ke esokan harinya saat cuaca panas/cerah.

Berburu waktu

Semua manusia tidak ada yang tahu kapan hujan akan turun sehingga membuat kita berburu waktu yang tepat “cuaca cerah” untuk menulis artikel dengan secepat mungkin. Cara ini sangat bagus untuk di terapkan oleh para blogger karena tanpa memburu waktu bisa jadi kita tidak pernah menulis artikel saat hujan turun.

Memanfaatkan Handphone

Jika hujan sedang berlangsung sepanjang hari maka solusi terbaik untuk para blogger adalah menulis artikel di dalam applikasi handphone. Namun perlu di ingat bahwa ketika menulis artikel menggunakan handphone maka sinyal handphone harus di matikan supaya dapat terhindar dari arus petir. Setelah hujan redah barulah kita copy paste artikel tersebut di dalam wordpress, dan cms lainnya.

Menulis Dengan Cara Manual

Jika petir membuat kita takut untuk menghidupkan handphone maka solusi satu-satunya adalah menulis konten di kertas. Cara ini membuat kita bekerja dua kali namun tidak jadi masalah karena demi keamanan dan keselamatan diri sendiri. Selain itu para blogger akan menulis ketika ide muncul di kepala hal demikian juga membuat kita untuk segera menulis sebelum ide tersebut menghilang sehingga menulis dengan cara manual bukanlah masalah.

Memanfaatkan Penyimpanan

WordPress, Blogger, dan lainnya selalu tersedia media penyimpanan artikel yang dimana dapat kita manfaatkan untuk membuat artikel dengan sebanyak-banyaknya dalam satu hari. Cara ini sangat bermanfaat untuk para blogger membuat artikel yang banyak sebelum memasuki musim hujan dan mempublishnya ketika cuaca cerah.

Baca Juga Artikel : Ketahuilah Jenis Blog Sebelum Membuat Blog

Itulah beberapa tips ngeblog di saat musim hujan yang bisa sobat blogger terapkan. Keselamatan dan kesehatan sangat berharga. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat 🙂

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *