Sebenarnya, apa sih bisnis online?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Sebenarnya, apa sih bisnis online?
image : beritapetang.com

Sebenarnya, apa sih bisnis online? Bisnis online adalah kegiatan tentang penjualan barang maupun jasa yang dijalankan melalui media internet. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju maka bisnis online sangat menjanjikan untuk meraih banyak keuntungan. Model bisnis online yang paling populer adalah membuka toko online misalnya anda memiliki bisnis baju dan anda menjualnya melalui media website.

Keuntungan penjualan melalui media internet sangat banyak, karena pangsa pasar media internet tiada batasnya. Sekarang anda bandingkan dengan anda menyewa lahan yang bisa menghabiskan biaya puluhan juta bahkan ratusan juta per tahun sedangkan jika anda membuka toko online hanya mengeluarkan biaya kurang lebih satu juta sampai dua juta per tahun bahkan ada media gratis yang bisa digunakan untuk membuka toko online dan yang terpenting anda harus memiliki koneksi internet.

Zaman semakin maju dan teknologi semakin canggih sehingga banyak pengusaha dari offline pindah ke online, ataupun online ke online. Dengan adanya toko online anda bisa menjual berbagai bentuk barang, jasa, ebook, kreatifitas, dsb. Target marketnyapun tidak terbatas karena kita bisa menjual produk kemana saja baik lokal maupun internasional dengan biaya yang minim.

Sampai disini saya anggap anda memahami tentang bisnis online. Sekarang mari kita bahas tentang beberapa jenis bisnis online:

  • Offline to Online : Bisnis offline yang pemasarannya dilakukan melalui media internet dengan cara membuka toko online atau dengan akun media sosial. Misalnya toko online baju, toko perlengkapan bikers, toko accsesoris handphone, toko lukisan dan lainnya.
  • Online to Online : Bisnis online yang dijalankan secara online dan cara pemasarannya melalui media internet. Misalnya jualan ebook, jualan tools, jualan plugin, jualan domain dan hosting, jual jasa penulisan artikel, jual jasa seo, kursus internet marketer, pembuatan website, design, kreatifitas, hobby dan lainnya.
  • Online to Offline : Bisnis online yang akhirnya dijalankan secara offline. Misalnya karena dagangan laris dijual online dan pada akhirnya si pedagang menyewa gerai di mall, seminar bisnis online yang dilakukan secara offline, motifator dan lainnya.

Artikel terkait : Ketahuilah jenis blog sebelum anda membuat blog!

7 Macam Bisnis Online

1.   Toko Online

Jika anda memiliki bisnis grosir baju maka anda menjualnya dengan cara membuka toko online. Membuka toko online dengan cara membuat website sendiri misalnya anda menjual gorsir baju murah maka nama websitenya “grosirbajumurah.com” atau anda menjual sepatu sport maka nama websitenya “sepatusprot.com”. Keuntungan membuka toko online adalah brand anda semakin terkenal dan dapat dilihat di seluruh dunia, mudah diakses oleh siapapun dan dimanapun hanya dengan modal koneksi internet seperti laptop dan handphone.

2.  Menjual Produk orang lain “Dropship”

Jika anda tidak memiliki produk maka anda bisa memilih bisnis ini.  Dropship adalah sistem penjualan dimana anda tidak memiliki barang dan anda tidak perlu repot mengurusi pengiriman. Anda hanya perlu mempromosikan produk yang dijual seller/supplier dengan cara promosi melalui media sosial, bb, maupun website. Namun perlu diperhatikan anda harus menyelidiki terlebih dahulu supplier mana yang memiliki riwayat bagus dan dapat bertanggung jawab supaya nama toko anda tidak buruk di mata masyarakat luas. “Saya pernah memilih bisnis ini dan saya membuka toko online di tokopedia.com karena disana banyak sekali pilihan suplier yang memiliki riwayat bagus dari berbagai kategori dan proses keamanannya sangat terjamin”.

3.  Affiliate

Sebenarnya bisnis affiliate hampir sama dengan bisnis dropship bedanya hanya terletak di sistem pemasaran saja. Bisnis affiliate cara pemasarannya dengan menggunakan link khusus dari merchant. Saya ambil contoh anda tidak memiliki produk namun anda berkerjasama memasarkan produk merchant dan si merchant memberikan link khusus yang mengarahkan calon pembeli ke website si merchant setelah calon pembeli membeli produk dari link affiliasi tersebut maka anda mendapatkan komisi dari si merchant. Komisi yang diberikan si merchant tergantung dari perjanjian awal. Rata-rata komisi yang diberikan mulai dari 4%-80% dari penjualan produk, semua tergantung si merchant. Bisnis ini termasuk salah satu bisnis yang digandrungi para pelaku Internet Marketer karena cara pemasarannya minim modal namun dapat menghasilkan banyak dollar. Merchant di luar negeri yang membuka program affiliate antara lain amazon.com, clickbank.com, shareasale.com, dan masih banyak lagi. Merchant dalam negeri yang membuka program affiliate antara lain lazada.com, bhineka.com, ratakan.com, dan masih banyak lagi.

4.  Ads Publishing

Ads Publishing atau bisa diartikan penerbitan iklan. Bisnis ini sangat cocok jika anda memiliki website/blog dengan trafik pengunjung puluhan atau ratusan orang per hari entah itu blog berisi tentang hobby yang anda sukai, kesehatan, bisnis, dan lainnya. Blog yang sudah bertrafik tinggi bisa didaftarkan mengikuti program ads publishing. Macam macam iklan sangat banyak sekali, selain itu blog anda yang memiliki trafik tinggi biasanya akan mendapatkan banyak penawaran dari advertiser, tinggal anda menentukan besar biaya iklan dan memilih advertiser mana yang paling sesuai dengan topik website/blog anda.

Jenis iklan yang bisa anda pilih pada bisnis ads publishing

A. PPC (Pay Per Click)

Penghasilan yang didapatkan dari program PPC berasal dari klik yang dilakukan pengunjung di website/blog anda yang tertarik pada sebuah iklan tersebut. Publisher atau pemilik situs tersebut akan dibayar per klik yang dilakukan oleh pengunjung situs website/blog anda. Besarnya harga per kliknya sudah ditentukan dari awal oleh advertiser. Jadi banyaknya penghasilan anda tergantung dari banyaknya klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung situs anda. Perusahaan luar negeri yang menawarkan program PPC antara lain Google Adsense, bidvertiser.com, chitika.com, dan masih banyak lagi. Perusahaan dalam negeri yang menawarkan program PPC antara lain kumpulblogger.com, idblognetwork.com, adsensecamp.com, kliksaya.com, komisigratis.com, accesstrade.co.id dan masih banyak lagi.

B. PPL (Pay per Lead)

Model bisnis PPL hampir sama dengan bisnis affiliate namun perbedaannya terletak pada komisi yang diberikan. Bisnis ini anda akan mendapatkan komisi ketika pengunjung melakukan pendaftaran free member atau premium member melalui email, free trial, mengisi formulir melalui link affiliasi milik kita, syarat dan ketentuan berlaku tergantung dari penyedia program PPL. Perusahaan luar negeri yang membuka program PPL antara lain maxbounty.com, dan lainnya. Beberapa perusahaan dalam negeri yang membuka program PPL antara lain cakning.com, cafebisnis.com, poin-web.co.id, dan lainnya

C. PTC (Paid to Click)

Model bisnis ini anda akan dibayar oleh website penyedia layanan PTC setiap kali anda mengeklik iklan yang mereka sediakan. Jadi anda akan menerima komisi pembayaran saat anda dan referral mengeklik iklan yang disediakan website tersebut. Perolehan komisi dari bisnis ini bisa dibilang kecil namun jika tiap hari secara berkala anda dan referral konsisten untuk mengklik iklan tersebut Insyaallah anda akan mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah per bulan dari bisnis ini. Perusahaan luar negeri yang membuka program PTC antara lain clixsense.com, neobux.com, paidtoclick.in, dan lainnya. Perusahaan dalam negeri yang membuka program PTC antara lain klikajadeh.com, duitbux.com, dan lainnya

D. CPM (Cost per Million)

CPM adalah jaringan periklanan yang akan membayar anda jika anda memasang banner iklan CPM per 1000 pengunjung. Cara kerja bisnis ini anda hanya memasang banner iklan CPM walaupun tidak ada yang mengeklik anda tetap mendapatkan komisi tapi harus per 1000 pengunjung apalagi jika pengunjung dari website/blog anda mengklik iklan tersebut maka semakin banyak pula komisi yang anda terima. Perusahaan yang membuka program CPM anatara lain yllix.com, revenuehits.com, adsoptimal.com, propellerads.com, dan lainnya

5.  Membuka kursus online

Jika anda ahli dalam pembuatan website, ahli search engine, ahli ilmu IT, dan ahli pemasaran online maka bisnis ini sangat cocok untuk anda. Menurut saya bisnis ini adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan sangat membantu untuk semua orang yang ingin serius terjun di dunia bisnis online. Contoh kursus online antara lain affiliatesiteblueprint.com, cafebisnis.com, situkangtidur.com/vol3, mitrayoutube.com,  dan lainnya

6.  Jasa Penulis atau pembuat content website

Jasa penulisan atau pembuat content website bisa dibagi menjadi beberapa kategori seperti menulis content artikel, pembuatan video untuk pemasaran, logo, design foto dengan melambangkan ribuan kata yang bermakna dan lainnya. model bisnis ini sangat cocok sekali jika anda pandai dan berbakat dalam pembuatan content. Perusahaan luar negeri yang menerima jasa penulis antara lain fiverr.com, makealivingwriting.com, triond.com, hubpages.com, fundsforwriters.com, listverse.com, cracked.com, dan lainnya. Perusahaan dalam negeri yang menerima jasa penulis antara lain iblogmarket.com, dan lainnya

7.  Take Over Website

Take Over Website atau yang sering dikenal jual beli website. Model bisnis ini yang saya maksud adalah penjualan website yang sudah matang seperti memliki trafik/pengunjung yang banyak dengan isi content yang menarik. Jika anda suka membuat website/blog dengan jumlah yang banyak, pengunjung yang banyak dan isi content yang menarik atau anda memiliki webiste namun sudah tidak ada waktu untuk mengelolanya maka bisnis ini cocok untuk anda. Perusahaan yang menerima jual beli website antar lain websitebroker.com, ebay.com, dan lainnya

Itulah pengertian dari bisnis online dan 7 macam bisnis online. Sebenarnya masih ada banyak macam bisnis online namun yang saya sebutkan di atas adalah yang paling populer dan diminati para blogger. Sekarang anda tentukan sendiri apa yang paling cocok dan paling anda sukai misalnya anda suka seni beladiri maka anda bisa membuat website/blog dengan isi content tentang cara beladiri, anda juga bisa menjual panduan belajar beladiri dengan format video. Intinya adalah gali terus minat dan bakat yang ada dalam diri anda lalu jualah bakat anda dengan cara yang kreatif. “Warning” dalam menjalankan suatu bisnis anda dilarang mengeluh, jangan mudah menyerah, berdoa, sabar, pengetahuan, semangat serta kegigihan, inovasi, dan kerja keras yang akan mengantarkan anda pada kesuksesan.

Semoga artikel yang singkat ini bermanfaat untuk anda.

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *