Cara Mudah Menentukan Keyword Dengan Google Keyword Planner

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Cara Mudah Menentukan Keyword Dengan Google Keyword Planner

Menentukan kata kunci (keyword) untuk mengoptimasi website dari segi SEO sangatlah penting, khususnya untuk anda yang berprofesi sebagai internet marketing, bisnis online shop, dan berbagai penjualan produk, jasa, maupun ebook melalui media website. Kenapa saya mengatakan sangat penting? Yap, karena setiap orang akan melakukan pencarian di google sesuai dengan yang ia butuhkan.

Suatu misal, si fulan sedang mencari produk elektronik terbaru di mesin pencarian google yaitu televisi, dan si fulan mencari merek televisi samsung dengan ukuran 32 inch. Maka si fulan akan mengetikkan televisi samsung 32 inch 2015. Eh ternyata si fulan menemukannya di urutan pertama mesin pencarian google yaitu website anda yang menggunakan kata kunci tersebut, dan otomatis website anda akan banyak sekali di kunjungi dengan kata kunci tersebut.

.Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bisa disimpulkan bahwa Menentukan kata kunci yang tertarget hukumnya adalah wajib sebelum anda membuat website bisnis.

Dalam ilmu internet marketing trafik adalah uang. Untuk mendatangkan trafik (pengunjung) ada berbagai cara yang harus dilakukan salah satunya dengan cara menentukan riset keyword (kata kunci) yang ter-target. lalu bagaimana menentukan kata kunci yang ter-target? Caranya sangatlah mudah, Anda bisa menentukan kata kunci dengan memakai tools gratis yaitu Google Keyword Planner.

Pengertian Google Keyword Planner

Google Keyword Planner (GKP) adalah tools untuk mencari riset kata kunci terbaik yang diciptakan oleh google untuk pengguna iklan Google Adwords, namun tools ini juga bisa kita manfaatkan secara gratis untuk menentukan kata kunci yang tepat.

Artikel Terkait : Apa itu SEO & Apa Manfaatnya Bagi Pelaku Bisnis Online

Sekarang saya akan menjelaskan cara menggunakan Google Keyword Planner, sebagai berikut :

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

1) Silakan kunjungi situs berikut, adwords.google.com/KeywordPlanner. setelah itu silakan anda mendaftar menggunakan akun Gmail dan ikuti sesuai petunjuk. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

Mendaftar-Google-Keyword-Tools

2) Setelah berhasil mendaftar, kini anda masuk di halaman utama Google Keyword Planner. Untuk cara menggunkannya silakan klik” Tools” >>> “search for new keywords using a phrase, website or category”. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

cara-menggunakan-google-keyword-planner-satu

3) Silakan masukkan target kata kunci yang berhubungan dengan website bisnis anda entah itu sebuah produk, nama domain, judul artikel, dan sejenisnya. Lalu jangan lupa pilih target negara mana yang hendak anda pilih.Setelah itu klik Get Ideas. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

cara-menggunakan-google-keyword-planner-dua

4) Setelah anda klik Get Ideas maka akan muncul halaman result yang dimana anda bisa melihat trend keyword dan data penting selama 12 bulan terkhir. Oiya, jangan lupa klik “Keyword Ideas” lalu klik “Avg. monthly searches” untuk mengurutkan kata kunci mulai dari banyaknya pencarian hingga sedikitnya pencarian yang menggunakan kata kunci tersebut perbulannya. dan disana anda juga dapat melihat tingkat kompetisi yang menggunakan kata kunci tersebut. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

cara-menggunakan-google-keyword-planner-tiga

Data-data yang tersedia di google Keyword Planner adalah hasil pencarian dalam kurun waktu 12 bulan terakhir, dan yang perlu diperhatikan adalah cara ini bukanlah jaminan bahwa website anda akan mendapatkan posisi ranking terbaik di mesin pencarian google, karena masih banyak lagi yang harus anda lakukan dari segi SEO Internal dan External.

Sebenarnya masih banyak sekali tools-tools gratis maupun berbayar yang bisa anda gunakan namun dengan menggunakan tools ini anda bisa dengan mudah mencari kata kunci yang tepat untuk produk yang hendak anda jual. Cara manualpun juga ada seperti mencoba mengetikan kata kunci ke mesin pencarian google dan melihat hasil penelusurannya, namun cara tersebut tidak efisien dan terlalu lama jika anda harus mengetikkan semua kata kunci di mesin pencarian google. Demikianlah artikel tentang Cara Mudah Menentukan Keyword Dengan Google Keyword Planner. Semoga artikel ini membantu anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *