Pentingnya Call to Action Untuk Website Bisnis

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Pentingnya Call to Action Untuk Website Bisnis

Apakah anda sedang menjalankan bisnis online dan memiliki website bisnis/toko online? Atau apakah anda adalah pemula di affiliate marketing? Jika iya maka artikel kali ini wajib untuk anda baca dan anda terapkan.

Call to Action (CTA) yang ber-arti panggilan untuk bertindak. Call to Action sangat penting berada di dalam website bisnis anda, ntah berbentuk gambar, tombol, maupun konten supaya pengunjung tidak kebingungan untuk mengambil tindakan (Take Action) selain itu dengan adanya Call to Action bisa menarik perhatian pengunjung sehingga membuat pengunjung tersebut membeli produk yang sedang anda promosikan. Tanpa adanya Call to Action di dalam website maka bisa di pastikan toko online anda menjadi seperti kuburan, sepi tanpa adanya pembeli. Waaah, jangan sampai itu terjadi pada website/toko online anda.

Setelah anda memahami tentang pentingnya call to action, sekarang saya akan menjelaskan cara membuatnya di dalam konten, gambar, dan berbentuk tombol. Simak guys

Cara Membuat Call to Action di Dalam Konten

Banyak sekali para pelaku bisnis online dan affiliate marketing yang selalu menempatkan call to action di dalam setiap konten yang di milikinya supaya terjadi transaksi penjualan. Contohnya sebagai berikut.

call-to-action-di-dalam-konten

Dari contoh screen shot tersebut terdapat kotak berwarna merah, nah tulisan tersebutlah yang bernama call to action. Biasanya para pelaku bisnis online maupun affiliate marketing menempatkannya di atas konten, di tengah konten dan di bawah konten. Perlu di ingat, untuk menarik hati para pengunjung anda harus membuat konten yang sangat unik dan tentunya produk yang anda jual juga harus produk yang bermanfaat untuk para pengunjung.

Cara Membuat Call to Action Berbentuk Tombol

Membuat call to action berbentuk tombol/button yang terdapat di dalam konten artikel adalah cara yang sangat efisien untuk menarik perhatian para pengunjung, Sebagai contoh lihat gambar berikut.

call-to-action-di-dalam-konten-button

Seperti contoh gambar tersebut terdapat button yang tertulis “Klik Disini dan Buy” itulah call to action berbentuk button. Cara membuatnya pun sangatlah mudah tanpa menggunakan coding-coding yang terlalu ribet, yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama silakan anda login di akun wordpress
  2. Di dalam dashboard wordpress silakan anda pilih menu plugin dan klik tambah baru
  3. Kemudian di kolom pencarian plugin silakan anda isi “Forget About Shortcode Buttons by Designs & Code, klik install sekarang dan aktifkan plugin tersebut
  4. Setelah anda mengaktifkannya maka di dalam menu post terdapat menu tab baru (Insert Button) yang berfungsi untuk mengatur button yang anda kehendaki. Lebih jelasnya, silakan lihat gambar berikut.

plugin-button

Seperti itulah cara membuat call to action berbentuk tombol/button dengan bantuan plugin. Sekarang mari kita bahas cara membuat call to action berbentuk gambar.

Cara Membuat Call to Action Berbentuk Gambar

Setelah anda menerapkan call to action di dalam text dan dengan memakai button kurang lengkap jika anda belum menerapkannya dengan memakai gambar, kenapa saya katakan demikian? Karena dengan menggunakan gambar maka pengunjung dapat lebih tertarik untuk melakukan tindakan (klik), dan gambar juga merupakan bahasa dari berbagai text yang membuat daya tarik tersendiri.

Lalu gambar apa yang sesuai untuk call to action? Gambar yang sesuai adalah gambar yang di dalamnya terdapat berbagai macam text yang menarik dan tentunya sesuai dengan produk yang anda jual. Ingat, jangan pernah memanipulasi gambar yang tidak sesuai dengan produk yang anda jual, karena reputasi anda menjadi taruhannya. Sebagai contoh, lihat gambar berikut.

call-to-action-di-dalam-konten-gambar

Dari gambar di atas terdapat dua kotak berwarna merah, itulah yang bernama call to action berbentuk gambar. Biasanya para pelaku bisnis online maupun affiliate marketing menempatkannya di berbagai lokasi, seperti di atas konten artikel, di tengah konten, di bawah konten, di header, di sidebar, dan di footer. Namun, yang perlu di ketahui adalah jangan pernah menaruh banyak gambar iklan di dalam website anda supaya pengunjung tidak mengira bahwa website anda adalah spam.

Baca Juga Artikel : Cara Menambahkan User atau Pengguna Baru di WordPress

Bagaimana, apakah anda sudah menerapkan Call to Action di dalam website anda? pasti sudah kan? Jika belum silakan anda terapkan supaya website anda menjadi ladang emas untuk anda.

Sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk memberikan call to action seperti membuat gambar bergerak, animation, video yang unik tentang produk anda dan menempatkannya di dalam website, dan masih banyak lagi. Namun, saya rasa dengan menggunakan cara di atas sudah cukup untuk anda terapkan. Oiya, selain membuat Call to Action yang menarik anda juga harus melakukan strategi SEO supaya website anda masuk pringkat 1-10 dalam mesin pencarian google, yahoo, bing dan lainnya. Selain itu anda juga harus melakukan promosi penjualan di berbagai media sosial. Untuk cara-caranya bisa anda dapatkan di berbagai artikel yang tersedia di waladala.com.

“Jadilah kreatif untuk mempromosikan produk di dalam website”. Demikian artikel kali ini, jika ada yang di tanyakan silakan tinggalkan jejak komentar di bawah ini. “Semoga website bisnis anda menjadi ladang emas untuk anda” 🙂

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *