Hindari Broken Link Dengan Plugin Broken Link Checker

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Hindari Broken Link Dengan Plugin Broken Link Checker
Image : blog.boostability.com

Broken Link adalah link rusak atau mati yang disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain dari plugin yang dipakai, dari link yang tidak bisa di akses, dan sebagainya. Jika di dalam website wordpress anda memiliki broken link harus cepat di perbaiki, dengan cara mengganti alamat link (url) posting artikel, karena jika broken link anda biarkan terlalu lama dapat menyebabkan artikel anda tidak bisa diakses bahkan artikel tersebut bisa hilang dari search engine, dan pada akhirnya website anda di anggap website yang bermasalah oleh search engine. Sungguh di sayangkan, bila hal tersebut terjadi pada anda.

Broken link bukan hanya terjadi di url artikel saja, namun broken link juga bisa terjadi di url komentar dari seseorang yang link tersebut rusak. Nah hal semacam ini harus segera di perbaiki, terlebih jika orang tersebut sengaja memasang link yang rusak di dalam komentar. Hmmm, lebih baik anda hapus saja komentar tersebut untuk mengantisipasi terjadinya masalah di dalam konten artikel anda.

Ada banyak cara untuk mengatasi broken link, antara lain dengan bantuan tools online, plugin, dan sebagainya. Namun, jika anda memakai tools menurut saya sangat terlalu ribet. Jadi lebih baik anda memakai plugin Broken Link Checker. Saya menyarankan anda memakai plugin tersebut karena plugin tersebut mudah untuk digunakan dan anda akan mendapatkan notifikasi bila terdapat broken link di dalam website wordpress anda.

Setelah anda mengetahui tentang broken link dan solusinya, maka sekarang saatnya anda install plugin tersebut. Berikut, langkah-langkah nya.

Instal Plugin Broken Link Checker

Langkah pertama silakan anda masuk di dashboard wordpress, setelah itu pilih menu plugin dan tambah baru, kemudian masukkan nama plugin tersebut di kolom pencarian (Broken Link Checker by Janis Elsts), klik instal sekarang, dan jangan lupa aktifkan plugin tersebut. Lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

instal-plugin-broken-link

Setelah anda instal dan aktifkan plugin tersebut maka muncul dua menu baru yaitu di pengaturan yang bernama link checker berfungsi untuk menyetting plugin tersebut, dan di menu perkakas yang bernama broken links berfungsi untuk notifikasi atau laporan jika terdapat broken link di dalam website wordpress anda. cara setting plugin tersebut juga sangatlah mudah yaitu sebagai berikut.

Cara Setting Plugin Broken Link Checker

Silakan anda pilih menu di pengaturan yang bernama Link Checker. Sekarang pilih general, dan centang check list “Stop search engine from following broken link”. Check list tersebut berfungsi untuk memberi tau search engine supaya tidak merayapai url yang mengalami broken link, setelah itu klik simpan perubahan. Lebih jelasnya, lihat gambar

Klik untuk melihat gambar »

Setting-Plugin-broken-link

Di dalam tab general terdapat berbagai check list yang harus anda ketahui, antara lain:

  • Status yang berfungsi untuk menunjukkan jumlah broken link
  • Check each link yang berfungsi untuk berapa jam pemeriksaan link yang dilakukan
  • E-mail notifications yang berfung untuk mengirimkan email jika terjadi broken link di dalam website anda
  • Notification e-mail address yang berfungsi untuk mengirimkan informasi tentang broken link ke alamat email anda yang lainnya dan jika anda biarkan kosong maka email akan di kirim ke pengaturan wordpress anda
  • Link tweaks yang berfungsi untuk pemberitahuan ke search engine
  • Suggestions yang berfungsi untuk menampilkan peringatan jika terjadi broken link
  • Warning yang berfungsi untuk menampilkan semua masalah link menjadi rusak

Jadi yang harus anda rubah hanyalah stop search engines, untuk tab dan pengaturan lainnya biarkan default saja.

Artikel Terkait : Cara Membuat Sitemap Dengan Plugin Google Xml Sitemaps

Setelah anda menerapkan langkah-langkah di atas, maka jika di kemudian hari terdapat broken link anda akan menerima notifikasi secara otomatis, dan dengan mudah anda dapat memperbaikinya. Bagaimana, mudah bukan? Anda tidak perlu ribet mengunjungi tools situs online, dan lainnya. Sampai disini artikel kali ini, Semoga bermanfaat untuk anda!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *