Raih Keuntungan Dari Bisnis Musiman

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Raih Keuntungan Dari Bisnis Musiman

Bisnis musiman merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan pasalnya kategori bisnis ini tidak memandang penuh pasar yang dibidik namun memandang harga dan kebutuhan. Di Indonesia memiliki berbagai musim yang bisa di jadikan sasaran empuk untuk menjual berbagai aneka produk sesuai dengan musim yang sedang berlaku.

Banyak sekali macam-macam bisnis musiman yang bisa di jalankan. Seperti bisnis musiman yang ditentukan oleh faktor cuaca, bisnis musiman yang ditentukan oleh momen-momen penting tiap tahun, bisnis musiman yang di tentukan oleh musim buah yang siap panen, bisnis musiman ketika ada event-event tertentu, dan sebagainya. Dari bisnis musiman ini banyak sekali para pengusaha yang mengantongi ratusan bahkan juta’an rupiah per harinya. Berikut bisnis musiman yang dapat meraup banyak keuntungan dan menjanjikan.

1. Bisnis Musiman Karena Faktor Cuaca

Bisnis Saat Musim Hujan

Musim hujan dapat di manfaatkan untuk menjual berbagai produk, antara lain:

  • Jas Hujan dan payung.

Kategori produk jas hujan bisa ber-aneka ragam seperti jas hujan untuk dikenakan di tubuh satu stel, jas hujan untuk sepatu, jas hujan untuk tas, jas hujan untuk helm, dan sebagainya.

  • Perbaikan atap rumah

Banyak sekali seseorang yang membutuhkan perbaikan atap rumah saat musim hujan menghampiri ntah itu karena kebocoran maupun karena bencana angin kencang.

  • Bisnis kuliner

Saat hujan turun semua orang merasakan kedinginan dan membutuhkan kehangatan untuk tubuh mereka, nah kondisi seperti ini dapat kita manfaatkan untuk menjual kuliner yang hangat dan nikmat misalnya kopi, bakso, mie rebus, wedang jahe, wedang ronde, takwa/wedang tahu, dan sejenisnya.

  • Produk mesin pengering

Banyak sekali seseorang yang membutuhkan mesin pengering untuk pakaian yang basah karena hujan, nah hal tersebut bisa di manfaatkan untuk menjual atau menyewakan produk mesin pengering pakaian seperti Air O Dry dan sejenisnya.

Bisnis Saat Musim Kemarau

Saat musim kemarau tiba maka bisa di manfaatkan untuk menjual berbagai produk, antara lain:

  • Bisnis kuliner

Teriknya sinar matahari ketika kemarau panjang sedang berlangsung membuat sebagian orang mencari makanan maupun minuman untuk melepas dahaga. Bisnis kuliner yang sangat menjanjikan ketika musim kemarau adalah makanan, minuman dingin yang segar seperti es krim, minuman aneka es, dan lainnya.

  • Mesin pendingin

Ruangan yang dingin adalah ruangan yang diidamkan oleh seseorang ketika kemarau panjang sedang berlangsung. Nah kondisi seperti ini bisa dimanfaatkan untuk menjual berbagai produk mesin pendingin seperti AC, Kipas, dan sejenisnya.

  • Persewaan atau penjualan kaset DVD

Ketika musim kemarau tiba banyak sekali orang yang malas keluar rumah karena terasa panas yang sangat terik. Kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk menjual atau menyewakan kaset dvd film maupun musik.

2. Bisnis Musiman Saat Momen Penting Tiap Tahun

Banyak sekali momen yang penting dalam tiap tahun di Negara ini sehingga dapat membuat peluang bisnis yang sangat menguntungkan, antara lain:

Hari Raya

Di Indonesia terdapat berbagai aliran agama sehingga membuka banyak sekali peluang bisnis saat hari raya. Seperti ketika hari raya islam (Idul Fitri), Sebelum idul fitri tiba bisa di manfaatkan untuk menjual aneka kebutuhan seperti kue kering, parcel, busana muslim, bisnis kuliner ketika bulan ramadhan, pertukaran uang kecil, ketupat, dan aneka jasa transportasi ntah itu menjual tiket pesawat, bis, kapal, kereta, dan sebagainya.

Selain perayaan hari raya islam juga terdapat perayaan hari raya nasrani (Natal), bisnis yang bisa dijalankan sebelum Natal tiba adalah menjual pernak-pernik pohon natal, berbagai lampu, aksesoris sinterklas, bisnis kuliner, dan sejenisnya.

Ketika Imlek tiba juga bisa dimanfaatkan untuk menjual berbagai produk seperti amplop/Angpao, bisnis kuliner, hio/Dupa, dan lainnya.

Tahun Baru

Tahun baru identik dengan acara kumpul-kumpul bersama teman maupun keluarga, juga identik dengan kemeriahan di kota-kota dan di jalanan seluruh pelosok desa. Tahun baru membuka berbagai peluang usaha yang bisa dijalankan seperti menjual terompet, menjual aksesoris untuk tahun baru, berbagai kembang api yang aman untuk di gunakan, arang untuk bakar-bakar, jagung, ubi, ikan untuk di panggang saat berkumpul bersama, dan sejenisnya.

Kemerdekaan

17 Agustus adalah hari kemerdekaan Indonesia yang di peringati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Hari kemerdekaan bisa dimanfaatkan untuk menjual berbagai produk perlengkapan seperti bendera merah putih, aksesoris kemerdekaan, dan lainnya.

Valentine

Sebagian masyarakat Indonesia sering merayakan hari Valentine untuk berbagi kasih sayang sehingga memunculkan peluang usaha seperti menjual cokelat, bunga, dan lainnya yang berbau romantis. Namun merayakan hari valentine yang baik dilakukan dengan bijak bukan dengan hal yang dilarang oleh agama!

3. Bisnis Musim Buah

Banyak sekali masyarakat penikmat buah yang selalu menanti musim buah yang siap untuk disantap sehingga membuka berbagai peluang usaha untuk menjual buah seperti ketika musim durian maka bisa di manfaatkan untuk menjual durian dan aneka olahan durian, musim rambutan, dan musim buah lainnya.

4. Bisnis Musiman Ketika Adanya Event

Event terbagi dari banyaknya kategori seperti event olahraga, event politik, event musik, dan lainnya. Dengan adanya berbagai event di Tanah Air membuka lebar peluang usaha seperti menjual baju yang sesuai dengan event tersebut, menjual lukisan, menjual aksesoris, jasa promosi untuk event tersebut, dan sejenisnya.

Baca juga Artikel : Hulala Es Krim – Peluang Usaha Kemitraan Baik Untuk Kesehatan

Bisnis musiman di atas bisa anda coba untuk menambah pemasukan, namun perlu di ingat apapun bisnis musiman yang anda pilih semuanya tidak pernah berjalan mulus tanpa adanya kerja keras, inovasi, dan do’a. Demikian artikel kali ini semoga bisnis musiman tersebut bisa anda jadikan referensi untuk memulai membuka usaha sampingan 🙂

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *