Apa itu Pipa HDPE? Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
pipa hdpe?

Apa itu Pipa HDPE? Pertanyaan itu sering diajukan oleh orang-orang yang baru mulai mengerjakan paket SPAM atau air bersih. Alasannya, dengan menggunakan Pipa HDPE memberikan hasil sambungan yang kuat dan tahan lama, menerapkan sejumlah langkah penyambungan Pipa HDPE , proyek lebih cepat terselesaikan dan mendapatkan hasil yang memuaskan dalam instalasi jaringan air bersih.

Apakah anggapan tersebut benar?

Yup, secara sederhana, memang itulah manfaat dari penggunaan Pipa HDPE di proyek air bersih. Namun, itu baru sebagian kecil dari konsep Pipa HDPE. Nah, di artikel ini kami akan membahas secara lengkap apa itu Pipa HDPE. Dari pengertian Pipa HDPE, cara kerjanya, penyambungan Pipa HDPE, hingga fungsi Pipa HDPE secara global. Silakan hubungi kami untuk pembelian dan konsultasi, Karena kami CV. Mitra Mandiri Indonesia merupakan distributor untuk seluruh wilayah Indonesia. Kunjungi website resmi kami di https://www.gudanghdpe.com/, https://www.hargapipahdpe.net, dan https://www.mesinlaspipa.com/, bisa juga melampirkan RAB atau BQ via email ke pipahdpesby@gmail.com. Jika anda berada di surabaya silakan kunjungi kantor pemasaran kami di Jl. Raya Wiyung Indah IX Blok M No 16 Surabaya dan bisa menghubungi kami di 0853-4878-6488 atau 083-830-308-117 Bapak Bambang.

Pengertian Pipa HDPE

High Density Polyethylene atau HDPE adalah jenis pipa plastik yang terbuat dari material biji plastik murni pilihan pipa PE-100. Dengan menggunakannya maka menghasilkan sambungan yang senyawa, kuat, dan anti timbal.

Selain menghasilkan sambungan yang senyawa, juga menjadikan air aman untuk digunakan. Jadi Anda tidak hanya mendapatkan sambungan yang tahan lama, tetapi juga sambungan yang ramah lingkungan.

Untuk bisa mendapatkan sambungan yang senyawa, Anda perlu mengikuti langkah-langkah yang telah di tetapkan oleh manual book dalam paket mesin las. Anda perlu memahami bagaimana cara kerja penyambungan Pipa HDPE, Sambungan compresion, dan butt fusion. Semuanya akan Anda pelajari di bab-bab selanjutnya di bawah ini.

Cara Kerja Penyambungan Pipa HDPE

Sambungan Compresion menggunakan jenis fitting atau aksesoris yang memiliki drat dalam dan drat luar untuk disambungkan ke bibir pipa. Ini berlaku untuk semua aksesoris metode sambungan compresion baik itu sambungan lurus, berbelok, menyabang, ataupun sambungan rumah atau SR! Reducer, maupun Stub Flange Compresion.

Kami tidak akan membahas type sambungan compresion di setiap jenis aksesoris. Di sini kami hanya membahas sambungan compresion. Kenapa? Karena sambungan untuk pipa ukuran kecil menggunakan compresion lebih dari 90 persen yang menggunakannya di seluruh jaringan sambungan rumah. Jadi ketika membicarakan cara kerja Pipa HDPE, sambungan menjadi patokannya.

Sambungan compresion selalu di jadikan salah satu metode untuk penyambungan di berbagai lokasi. Dari bak penampung hingga ke rumah para penduduk sering kali menggunakan metode compresion. Terlebih pada lokasi perdesaan yang tertinggal sering kali menggunakan ukuran pipa 1/2 hingga 4 inchi, sehingga menggunakan metode ini adalah cara yang mudah.

Jadi Anda harus selalu update tentang sambungan compresion ini. Sebab langkah sambungan yang berdasarkan lokasi proyek sering kali tidak sesuai dengan RAB yang tersedia. Misalnya, salah satu titik di lokasi proyek memiliki medan yang berbelok namun di RAB tidak tertulis maka yang di gunakan adalah membaca gambar proyek.

Gambar Proyek adalah praktik untuk memahami instalasi dalam penyambungan. Taktik ini sangat efektif sehingga tidak ada kekurangan dalam pembelanjaan material. Namun untuk menjaga-jaga lebih baik Anda membeli fitting compresion lebih dari 1 pcs.

Namun, dengan adanya peremajaan maka Anda diharuskan mengikuti RAB yang tersedia. Bahkan Anda harus benar-benar teliti apa saja kebutuhan peralatan yang di perlukan di lapangan. Sehingga, Anda tidak akan mengeluarkan biaya lagi untuk pengiriman maupun pembelian.

Kalau begitu, langkah penyambungan Pipa HDPE seperti apa lagi yang sesuai dengan penyambungan pipa induk di atas ukuran 4 inchi? Setidaknya ada enam penyambungan butt fusion Pipa HDPE berdasarkan lokasi proyek, dari penggunaan mesin hingga medan lokasi proyek.

6 Penyambungan Butt Fusion Pipa HDPE

Penyambungan Pipa HDPE selalu mengikuti dari susunan desain pada lokasi proyek. Susunan sambungan ini bergantung pada medan lokasi proyek. Jika di lokasi terdapat sambungan yang ribet, maka produk ini akan mengikuti arus denah pada lokasi.

1. Lokasi Pipa HDPE Di Atas Bukit

Lokasi pipa hdpe di atas bukit memudahkan dalam sambungan. Kenapa demikian? karena panjang yang tersedia dalam gulungan mulai dari 50 meter hingga 250 meter dan batangan 5,8 meter, 6 meter dan 12 meter sehingga memudahkan dalam penyambungan di atas bukit. Sebaiknya untuk bentuk batang di sambung menggunakan mesin las. Berikut adalah foto contoh penyambungan di Atas Bukit:

Lokasi Pipa HDPE Di Atas Bukit

2. Penggunaan Mesin Las Pipa HDPE Manual

Sejak dahulu, Pipa HDPE terkenal sebagai pipa terbaik sepanjang masa mulai dari ketahanan pipa, kulitas, dan material yang digunakannya. Sebab dengan menggunakan Mesin Las Pipa HDPE Manual membuatnya menjadi sambungan yang senyawa. Jadi ketakutan dalam kebocoran pipa minim sekali terjadi.

Selain itu, Mesin Las memiliki aneka ragam ukuran sehingga cocok sekali untuk anda gunakan baik Mesin Las Manual maupun Hidrolik. Jika Anda belum memiliki Mesin Las maka silakan hubungi kami, karena kami menjual aneka ragam ukuran dan jenis Mesin Las Pipa HDPE dengan harga yang murah dan terjangkau. Kunjungi website resmi kami di https://www.gudanghdpe.com/, https://www.hargapipahdpe.net/, dan https://www.mesinlaspipa.com/. Jika Anda sedang di Surabaya maka silakan kunjung kantor pemasaran kami di CV. Mitra Mandiri Indonesia Jl. Raya Wiyung Indah IX blok M No 16, Surabaya. Bisa juga melampirkan RAB atau BQ via email di pipahdpesby@gmail.com atau hubungi kami di 0853-4878-6488 dan 083-830-308-117 Bapak Bambang.

Cara mengetahui apakah sambungan pipa Anda sudah betul menggunakan mesin las pipa hdpe manual adalah dengan cara melihat hasil sambungannya. Jika masih ada sambungan yang belum rata maka, artinya pipa Anda belum tersambung dengan benar. Pipa yang sudah rata pada pergelangan sambungan menggunakan mesin las maka bisa di simpulkan bahwa Anda sudah berhasil menyambungnya menjadi senyawa.

3. Penggunaan Mesin Las Pipa HDPE Hidrolik

Sebelum memulai, Anda harus memiliki mesin las pipa hdpe hidrolik terlebih dahulu. Jenis mesin ini beda pengoprasian dengan mesin las manual, sebab penggunaannya cukup praktis dan menghemat waktu. Mengapa di bilang praktis? Karena dengan mengandalkan dua teknisi maka Anda sudah bisa memulai menyambung. Beberapa kelebihan dari mesin las ini adalah penggunaannya yang mudah karena hanya menerapkan beberapa hal, yaitu menggerakan switch pada mesin dan menekan indikator yang tersedia.

Misalnya, Anda hendak menyambung pipa maka caranya gerakan switch dan sesuaikan clamp pada ujung pipa dan mulailah menyerut. Selanjutnya bersihkan serpihan pipa menggunakan alkohol dan mulailah memanaskan dengan mesin pemanas yang tersedia. Selanjutnya lakukan pendinginan sesuai petunjuk manual book yang di dapatkan.

Semakin timbul sambungan dalam pipa maka semakin kuat dan menjadi satu nyawa pada sambungan pipa. Berapa besar suhu pemanas yang digunakan? pada umumnya menggunakan suhu 220 hingga 240 tergantung dari pemakaian mesin, ntah itu di indoor atau outdoor. Sesuaikan dengan manual book, jadi pelajari juga manual book yang tersedia sebelum Anda memulai menyambung pipa.

4. Penyambungan Aksesoris Atau Fitting Pipa HDPE Butt Fusion

Satu jenis mesin las pipa hdpe dapat di gunakan untuk menyambung aksesoris atau fitting. Aksesoris atau fitting yang di maksudkan seperti reducer socket, elbow, tee, stub end hdpe, dan lainnya. Fitting butt fusion adalah aksesoris untuk sambungan pipa berbelok, reduc, maupun penutup pada pipa.

Misalnya, ketika Anda hendak menyambung aksesoris pipa ke ujung pipa hdpe maka caranya seperti berikut ini:

Pada ujung mesin las terdapat clamp yang berfungsi untuk menyambung aksesoris. Maka sambunglah aksesoris hdpe ke ujung clamp mesin, mengapa harus di ujung clamp mesin? Sebab penyambungan harus dilakukan di ujung clamp supaya tidak mengenai clamp lainnya pada mesin. Jadi ruang gerak untuk penyambungan pun cukup luas.

5. Penyambungan Pipa HDPE Menggunakan Aksesoris Atau Fitting Socket Fusion

Selain menggunakan fitting hdpe butt fusion, Anda juga dapat menggunakan fitting socket fusion. Apa itu fitting socket fusion? fitting khusus dengan desain berbeda yang di gunakan untuk menyambung menggunakan mesin las pipa ppr. Cara penyambungan jenis ini jarang sekali dipakai, karena harga fiting yang terbilang cukup mahal.

Beberapa customer kami menggunakan cara ini karena untuk menyambung pada lokasi yang sulit untuk di sambung. Sebagai contoh, penyambungan pipa hdpe menggunakan fitting socket fusion pada lokasi yang terjepit. Dan Caranya cukup mudah, yaitu memanaskan unjung pipa dengan fitting socket fusion menggunakan mesin las pipa ppr.

6. Penyambungan Pipa HDPE Menggunakan Mesin Las Electro Fusion

Electro fusion terdiri dari sambungan arus listrik dan barcode. Fungsinya adalah untuk menyambung pipa hdpe menggunakan aksesoris atau fitting electro fusion dengan cara men-scan barcode dan menghasilkan sambungan yang senyawa, kuat dan anti bocor.

Cara penyambungan menggunakan jenis ini khusus di gunakan untuk penyambungan gas. Karena menghasilkan sambungan yang sangat kuat dan tidak ada sedikitpun ruang untuk angin keluar. Terbilang mahal, Yap! penyambungan jenis ini cukup mahal terlebih harga mesin dan aksesoris yang mahal. Selain itu cukup rumit jika anda belum pernah menggunakan mesin jenis ini, mengapa? karena perlu keahlian khusus seperti men-scan barcode dan menyesuaikan data pada indikator yang tersedia.

Jenis-Jenis Pipa HDPE

Jenis-Jenis Pipa HDPE

Terdapat lima jenis Pipa HDPE, yaitu Pipa HDPE PN 6,3 hingga Pipa HDPE PN 16. Semuanya memiliki ketebalan diameter dalam pipa yang berbeda. Jadi Anda harus menyesuaikan dengan RAB atau lokasi penyambungan yang sedang anda kerjakan.

Pipa HDPE PN 6,3

Apa itu Pipa HDPE PN 6,3? PN 6,3 adalah jenis pipa dengan diameter dalam yang tipis atau sering kali disebut S-12,5 dengan kata lain SDR 26 PN 6,3. Beberapa merk menyediakan PN 6,3 dengan ketebalan berbeda. Seperti contoh: merk rucika menyediakan PN 6,3 ukuran 3 inchi dengan ketebalan diameter dalam 3,50 mm, beda juga dengan merk lainnya. Sehingga konsultasikan kepada kami kebutuhan yang Anda Butuhkan.

Selengkapnya dapat Anda baca di artikel Jenis PN 6,3.

Pipa HDPE PN 8

Berbeda dari Pipa HDPE PN 6,3, PN 8 adalah jenis pipa dengan diameter dalam yang naik beberapa tingkat ketebalan. Sebagai contoh: Pipa HDPE merk supralon S-10 atau sebutan lainnya SDR 21 PN 8 ukuran 3 inchi memiliki ketebalan diameter dalam 4,30 mm. Berbeda juga dengan Merk PN 8 lainnya.

Baca Aritkel berikut untuk memahami jenis PN 8 supralon.

Pipa HDPE PN 10

Pipa HDPE PN 10 adalah jenis dengan diameter ketebalan yang sering di gunakan pada proyek air bersih. Kenapa demikian? Karena PN 10 merupakan S-8 atau dikenal SDR 17 PN 10 memiliki ketebalan dinding standar. Sebagai contoh: PN 10 ukuran 3 inchi memiliki ketebalan diameter dalam 5,40 mm.

Untuk memahaminya silakan pelajari artikel Pipa HDPE SNI PN 10 dan Spesifikasinya.

Pipa HDPE PN 12,5

Ketebalan yang naik 1 tingkat dibanding PN 10. Pipa HDPE PN 12,5 adalah jenis ketebalan S-6,3 atau yang disebut SDR 13,6 PN 12,5. Sebagai contoh: PN 12,5 ukuran 3 inchi memiliki ketebalan diameter dalam 6,60 mm, begitu juga dengan merk lainnya.

Mari Pelajari mengenai PN 12,5.

Pipa HDPE PN 16

Pipa HDPE PN 16 adalah jenis ketebalan diameter dalam yang sangat tebal. Biasanya di gunakan untuk lokasi di atas perbukitan atau di sesuaikan dengan tekanan debit pada pompa. Banyak customer kami menggunakan PN 16, mengapa? salah satunya karena ketebalan yang dimilikinya membuat ketahanan yang sangat kuat dan anti bocor. Selain itu banyak sekali yang disesuaikan oleh RAB konsultan proyek maupun pengadaan barang. Sebagai contoh: PN 16 atau S-5 SDR 11 ukuran 3 inchi memiliki ketebalan diameter dalam 8,20 mm.

Yuk, baca pemahaman mengenai PN 16 adalah.

Fungsi Pipa HDPE Untuk Proyek dan Pengadaan Barang?

Pipa HDPE bukan jadi pilihan lagi, melainkan kewajiban untuk proyek air maupun pengadaan barang. Mengapa demikian? Apa manfaatnya untuk pengadaan?

1. Fungsi Pipa HDPE adalah Sebagai Jaringan Air yang Ramah Lingkungan

Kini masyarakat bisa menikmati air bersih yang aman di konsumsi, jelas saja! pasalnya dengan menggunakannya maka mendapatkan aliran air yang bersih dan aman dari serpihan besi maupun timbal. Di Indonesia sendiri sudah lebih dari 80 persen proyek air yang menggunakan pipa hdpe.

2. Fungsi Pipa HDPE adalah Sebagai Jaringan Air di Daerah Rawan Bencana

Daerah rawan bencana sering kali memperlukan jaringan pipa yang dapat diandalkan. Nah, sangat dapat di andalkan! kenapa? karena memiliki sifat elastisitas yang tinggi. Sifat elastisitas tersebut berfungsi untuk jaringan pipa yang dapat mengikuti alur atau pergerakan tanah, sehingga jika ada bencana ataupun tanah bergerak maka produk ini akan mengikuti alur tersebut.

Menurut website builder, pipa hdpe adalah solusi untuk daerah rawan bencana, seperti gempa, longsor, dan tanah bergerak. Lebih detail lagi, bahwa pipa hdpe juga cocok di gunakan pada semua area baik area dengan suhu panas tinggi maupun dingin karena material terbuat dari bahan PE murni sehingga tahan terhadap segala cuaca.

3. Fungsi Pipa HDPE adalah Sebagai Jaringan Air Dalam Laut

Jika saat ini Anda sedang melakukan proyek instalasi jaringan pipa air bersih dalam laut dan mencari jenis produk yang cocok digunakan, maka pipa hdpe cocok sekali anda gunakan. Lho, Kenapa? Karena produk ini merupakan pipa plastik dan dapat mengapung dalam laut, sehingga cocok sekali di letakan di dasar laut. Beberapa alasan, salah satunya jenis ini dapat mengikuti derasnya gelombang air dalam permukaan laut. Namun untuk menjaga-jaga maka kuncilah menggunakan beton maupun benda keras yang di letakan pada permukaan pipa.

Beberapa customer kami, memiliki proyek jaringan pipa dalam laut dan mereka memilihnya untuk di gunakan. Hal tersebut merupakan salah satu fakta pipa jenis ini merupakan solusi terbaik untuk anda gunakan.

4. Fungsi Pipa HDPE adalah Untuk Pengadaan Barang Pada Kategori Air Bersih

Sebanyak 80 persen pengadaan barang pipa hdpe pada kategori air bersih sering kali muncul pada website-website pengadaan. Hal tersebut membuktikan bahwa fungsinya sangatlah luas dan salah satunya untuk pengadaan barang. Selain pada website tersebut masih banyak sekali pengadaan barang yang di lakukan secara electronik, sehingga untuk Anda para kontraktor maupun konsultan proyek silakan menghubungi kami untuk pembelian. Karena kami siap menyuplai kebutuhan material pipa dan pengadaan barang Anda.

Semakin banyak peremejaan pipa membuat semakin banyak pula pengadaan pipa hdpe. Dan Kami CV. Mitra Mandiri Indonesia siap memberikan harga terbaik pipa hdpe, sehingga anda terpilih dalam lelang pengadaan barang. Hubungi Kami Segera!

5. Fungsi Pipa HDPE Secara Global

Di seluruh dunia, Pipa HDPE sudah di gunakan untuk instalasi jaringan air bersih. Fungsi pipa hdpe secara global sudah di pahami oleh seluruh kontraktor yang di mana di gunakan sebagai pengganti pipa besi. Berdasarkan artikel pada Wikipedia, bahwa Pipa HDPE adalah pipa plastik fleksibel yang digunakan untuk menggantikan pipa beton atau pipa baja di seluruh dunia. Sehingga mari revolusi pipa, mengganti pipa lama Anda menggunaka HDPE!.

Sudah Siap Menggunakan Pipa HDPE?

Demikian penjelasan mengenai apa itu Pipa HDPE serta cara kerja penyambungan, jenis, dan fungsinya. Harapannya dengan membaca artikel ini Anda sudah paham mengenai semua tentang Pipa HDPE dari pengertian Pipa HDPE hingga faktor-faktor utama untuk menggunakannya.

Jika sudah paham, lihat video di bawah ini untuk mengetahui langkah penyambungan. Serta beberapa dokumentasi pipa yang sudah kami kirim ke customer!

 

 

Summary
Article Name
Apa itu Pipa HDPE? Pengertian, Jenis, dan Fungsinya
Description
Pipa HDPE adalah salah satu jenis pipa punggawa paling terbaik. Apa itu Pipa HDPE? Temukan pengertian Pipa HDPE dan fungsinya di sini!
Author
Publisher Name
waladala
Publisher Logo

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat
1
Bicara Dengan Kami
Hallo...
Ada yang bisa kami bantu...???