Pengertian Pipa HDPE? Spesifikasi dan Merk Di Surabaya

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pengertian Pipa HDPE? Spesifikasi Dan Merk Di Surabaya

Pengertian Pipa HDPE Adalah

Apa itu Pipa HDPE? Pengertian Pipa HDPE adalah produk pipa yang digunakan khusus untuk instalasi air bersih. Sering disebut dengan Pipa PE dan tergolong pipa plastik pengganti pipa besi dan pipa pvc yang memiliki sifat food grade dan berbagai aplikasi sistem.

Pada abad sebelumnya para kontraktor air bersih menggunakan pipa besi untuk instalasi air bersih namun tergerus oleh waktu ternyata berkarat, sehingga merubah instalasi menggunakan pipa hdpe. Pipa hdpe atau High density polyethylene adalah pipa terbuat dari material polyethylene. Sedangkan polyethylene sendiri terbuat dari minyak bumi perkiraan membutuhkan 1,75kg minyak bumi sebagai salah satu bahan baku untuk membuat 1 kg HDPE.

Apakah anda sedang cari pipa hdpe? Jika iya maka sangat tepat anda mengunjungi artikel ini mengenai Pengertian Pengertian Pipa HDPE? Spesifikasi Dan Merk Di Surabaya. Pipa hdpe memiliki ciri khas berwarna hitam, ada yang memiliki strip biru atau hitam polos. Pipa HDPE diproduksi khusus untuk digunakan sebagai alat instalasi air bersih yang food grade dan tahan dari karat.

Pipa hdpe adalah pipa yang memiliki banyak sekali keunggulan. Seperti pipa hdpe adalah pipa yang memiliki sifat lentur sehingga mudah dalam proses penyambungan atau instalasi baik di atas pegunungan dan di lokasi dengan medan yang sulit. Selain itu pipa hdpe juga mampu menahan arus air dengan tekanan 16 bar sehingga sangat cocok anda gunakan untuk mengalirkan air di atas pegunungan maupun dasar laut. Pipa hdpe adalah pipa yang keras namun lentur dan bisa bertahan pada temperatur tinggi (120 oC) sehingga dapat anda gunakan di daerah irigasi dan lainnya.

Jika anda baru terjun di dunia perairan atau proyek air bersih maka kami sarankan anda menggunakan pipa hdpe. Dan kami CV. Mitra Mandiri Indonesia adalah Distributor Pipa HDPE, pipa ppr, pipa pvc, pipa besi, aksesoris pipa dan mesin penyambung pipa hdpe. Kami siap memberikan anda harga terbaik dari yang terbaik pastinya kompetitif juragan. Silakan Hubungi tim konsultasn kami di 083-830-308-117 atau 0853-4878-6488 atas nama Bambang. Bisa juga via email di pipahdpesby@gmail.com web resmi kami di hargapipahdpe.net Jl. Wiyung Indah IX Blok M no 16 Surabaya.

Pipa HDPE adalah pipa yang diproduksi oleh beberapa macam pabrik sehingga memiliki banyak merk. Silahkan anda sesuaikan kualitas merk pipa hdpe dengan kondisi proyek dilapangan. Konsultasikan kebutuhan anda supaya tidak salah merk juragan.

Baca Juga : Pipa HDPE Adalah? Pengertian dan Cara Penyambungan

Spesifikasi Pipa HDPE

Spesifikasi Pipa HDPE

Mengacu pada pengertian pipa hdpe diatas, bahwa pipa hdpe adalah pipa yang berkualitas tinggi dan food grade sehingga dapat dijadikan rekomendasi untuk pengadaan barang dan instalasi air bersih.

1. Berkualitas Tinggi

Setiap pipa memiliki keunggulan sendiri namun pipa hdpe telah melengkapi semua keunggulan sehingga dapat disebut berkualitas tinggi. Pipa HDPE berkualitas karena materialnya memiliki tingkat keretakan yang rendah dan elastisitas yang tinggi sehingga tahan dari kebocoran dapat bertahan selama 50 tahun. Kebutuhan masyarakat terhadap air bersih sangatlah penting sehingga diperlukan satu jenis pipa yang berkulitas tinggi seperti pipa hdpe.

Pipa HDPE memiliki tekstur yang lentur sehingga tersedia dalam bentuk batangan dan gulungan atau roll, hal tersebut sangat mempermudah dalam proses transportasi atau ekspedisi dan instalasi. Sistem penyambungan pipa hdpe memiliki beberapa alternatif, yaitu menggunakan sambungan compresion joint hdpe dan butt fusion hdpe. Sambungan tersebut sangatlah rapat sehingga tidak akan terjadi suatu kebocoran pada sambungan hdpe dan sangat berkualitas tinggi.

Beberapa kesalahan teknisi dalam penyambungan pipa hdpe menyebabkan terjadi suatu kebocoran. kebocoran tersebut bukan dikarenakan kualitas pipa hdpe namun kesalahan yang dilakukan saat penyambungan. Maka dari itu setiap lelang proyek air bersih dalam pemerintahaan maupun swasta memiliki syarat pekerja yang telah berpengalaman dan bersertifikat sehingga meminimaliskan kesalaha dalam pengerjaan instalasi air bersih.

2. Food Grade

Semua lapisan masyarakat mengharapkan tersedianya instalasi pipa air bersih yang food grade supaya terhindar dari berbagai penyakit. Dan pipa hdpe adalah pipa yang memiliki sifat food grade sehingga masyarakat luas menjadikan pipa hdpe sebagai pilihan yang tepat. Beda halnya dengan pipa besi yang dapat berkarat dan pastinya air yang mengalir tercemar oleh serpihan besi maupun hal lainnya.

Pipa HDPE dapat dibilang memilki sifat food grade karena pipa hdpe berdaya tahan yang istimewa terhadap berbagai bahan kimia, baik dalam kondisi asam maupun basa kuat. Selain itu pipa hdpe tahan terhadap segala cuaca karena dibuat dari bahan polyethlene yang tahan terhadap segala kondisi cuaca yang ekstrem. Hal tersebut membuktikan bahwa pipa hdpe dapat dipasang baik di dalam laut, tanah, di atas pegunungan maupun dibawah terik sinar matahari.

Sifat food grade yang dimiliki pipa hdpe telah menjadikannya jenis pipa primadona dari pada pipa plastik lainnya dan pipa besi. Permukaan dalam pipa hdpe yang licin meminimalisir terjadinya abrasi dan sedimentasi beda dengan pipa lainnya. Selain itu pipa hdpe memiliki brittleness point (titik rapuh) jauh di bawah 0 derajat Celcius, sehingga tidak ada masalah dalam penggunaan dalam suhu terendah. Pipa hdpe telah mengantongi berbagai sertifikat seperti sertifiakt ISO, dan SNI sehingga sudah terbukti kulitas tinggi pipa hdpe dan sifat food gredenya.

Baca Juga : Daftar Harga Pipa HDPE Terbaru Januari 2019 Surabaya

Fungsi Pipa HDPE

Fungsi Pipa HDPE

Seperti yang disebutkan pada pengertian pipa hdpe di atas, fungsi dari pipa hdpe adalah pipa yang digunakan khusus untuk instalasi air bersih dan memiliki berbagai aplikasi sistem.

1. Instalasi Air Bersih

Pipa hdpe berfungsi untuk digunakan sebagai alat instalasi air bersih. Pipa jenis plastik yang digunakan khusus intstalasi air bersih untuk berbagai proyek spam, irigasi dan tambang. Pipa hdpe memiliki aneka ragam aplikasi sistem yang dapat digunakan sesuai lokasi dilapangan. Sehingga mempermudah pekerjaan dilapangan baik indor maupun outdor.

Contohnya:

  • Instalasi pipa hdpe di perdesaan yang sangat sulit untuk dilalui pipa dengan pipa batangan sehingga dapat menggunakan pipa hdpe dalam bentuk gulungan.
  • Material pipa hdpe yang terbuat dari bahan pe 100 sehingga aman untuk digunakan instalasi air bersih dan memiliki tekanan bar yang berfungsi untuk mengalirkan air baik dari atas pegunungan maupun sistem gravitasi.
  • Tekanan bar pipa hdpe sangat berfungsi untuk menyalurkan air dengan pompa bertekanan tingga sampai 16 bar sehingga dapat dijadikan pilihan jenis pipa yang tepat untuk instalasi air bersih.

2 Aplikasi Sistem

Pipa hdpe sangat banyak sekali aplikasi sistem yang dapat digunakan sehingga mempermudah pekerjaan proyek di lapangan. Proses instalasi aplikasi sistem menghilangkan kesulitan para teknisi dalam penyambungan pipa hdpe. Mari kita bahas berbagai fungsi pipa hdpe, instalasi dan aplikasi sistem. Mulai dari tekanan bar, jaringan pipa bawah air, dan pemasangan di daerah yang sulit.

Tekanan Bar Pipa HDPE:

Tekanan bar pipa hdpe sering disebut sebagai Standard Dimensional Ratio (SDR) atau yang dikenal sebagai rasio dimensi standar. Digunakan untuk menggambarkan hubungan antara diameter pipa hdpe, ketebalan dinding dan tekanan normal pipa. Berikut beberapa tekanan yang dimiliki pipa hdpe:

  1. Pipa hdpe memiliki lima tekanan bar mulai dari 6,3 bar yang berfungsi untuk digunakan dengan aplikasi sistem gravitasi.
  2. Pipa hdpe dengan tekanan 8 bar yang dapat digunakan untuk aliran air yang sedang dan tidak menggunakan pompa yang besar.
  3. Pipa hdpe dengan tekanan 10 bar biasanya digunakan untuk segala instalasi air bersih dengan daya normal. Bahkan pdam sering kali menggunakan tekanan 10 bar atau pn 10 karena tekanan yang normal.
  4. Pipa hdpe dengan tekanan 12.5 bar digunakan untuk keperluan pompa di atas 10 bar. Jarang sekali yang menggunakan tekanan bar tersebut karena terkadang menggunakan 10 bar.
  5. Pipa hdpe dengan tekanan 16 bar digunakan untuk pompa yang mengaliri daya tinggi. Biasanya digunakan untuk proyek yang memiliki daerah sulit dengan mengalirkan air bersih dari bawah ke atas. Dan seringkali digunakan dari tempat yang juram ke tempat yang tinggi.

Jaringan Pipa HDPE di Bawah Air

Dengan karakteristik istimewa yang dimiliki pipa hdpe, memungkinan digunakan dalam kondisi jaringan pipa hdpe di bawah air. Salah satu keunggulan istimewa yang dimiliki pipa hdpe adalah daya lentur yang tinggi dan persenyawaan yang sempurna sehingga sangat aman jika digunakan aplikasi di bawah air

Penggunaan pipa hdpe pada instalasi perpipaan jaringan dibawah laut akan menghasilkan pipa yang tangguh. Sifat lenturnya membuat pipa hdpe mampu menahan beban yang timbul selama terapung. Pada kenyataan dilapangan banyak sekali pipa hdpe yang digunakan di bawah laut dan tinggal memberi perlengkapan untuk menahan pipa hdpe berbelok karena derasnya arus air.

Pemasangan Pipa HDPE di Daerah yang Sulit

Banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi untuk pemasangan pipa hdpe di daerah yang sulit seperti di daerah genangan air, rawa-rawa, daerah rawan gempa, daerah labil, dan lain sebagainya. Untuk pemasangan pipa hdpe di daerah yang sulit biasanya titik berat penekanannya adalah kelenturan pipa yang akan sangat berpengaruh pada life time umur pipa tersebut. Sehingga pipa hdpe adalah jenis pipa yang cocok untuk digunakan di daerag yang sulit.

Pipa hdpe adalah jawaban yang tepat untuk mengatasi masalah dan tantangan tersebut, karena pemasangan yang sulit memerlukan sistem pipa yang dapat diandalkan. Pipa hdpe memiliki sifat yang unik dengan kelenturan yang dimilikinya sehingga para kontraktor beralih menggunakan pipa hdpe. Selain itu pipa hdpe telah teruji di lab negara sehingga memiliki sertifikat SNI, ISO, dan juga sertifikat uji lab.

Baca Juga: Pipa HDPE SNI, Harga Dan Spesifikasi

Merk Pipa HDPE Di Surabaya

Pengertian Pipa HDPE

Sesuai dengan pengertian pipa hdpe di atas, merk pipa hdpe banyak sekali bertebaran di Indonesia. Sehingga anda harus mengetahui merk pipa hdpe yang dapat anda sesuaikan dengan kondisi lapangan maupun RAB.

Adapun beberapa merk pipa hdpe adalah sebagai berikut:

1. Pipa HDPE Rucika Black

Definisi pipa hdpe rucika black adalah pipa hdpe dengan merk rucika black yang sebelumnya bernama wavin. Pipa dengan merk tersebut banyak sekali dikenal oleh masyarakat. Sehingga mungkin anda mengetahui ciri khas merk tersebut.

Contoh pipa hdpe rucika black:

  • memiliki ciri khas strip berwarna biru di tengah dan terlihat mewah.
  • Wavin telah memproduksi dan menyuplai pipa plastik sejak tahun 1955 sehingga wavin sangat selalu selangkah lebih maju daripada para pesaingnya.
  • Standar produksi yang dimiliki seperti ISO 4427 : 2007, SNI 06-4829-2005, dan SNI 4829.2 : 2015.

2. Pipa HDPE Supralon

Pengertian pipa hdpe supralon adalah pipa hdpe dengan merk supralon yang di produksi pabrik area Surabaya. Pipa hdpe supralon sering kali digunakan untuk proyek air bersih maupun proyek lainnya. Sehingga brand pipa hdpe supralon sudah dikenal oleh masyarakat.

Contoh pipa hdpe supralon:

  • Memiliki ciri khas berwaran hitam polos dan dikemas menggunakan sak atau glangsing sehingga aman dalam pengiriman atau ekspedisi.
  • Pipa hdpe supralon diproduksi oleh pabrik yang berada di surabaya sehingga brand tersebut merupakan pilihan terbaik untuk anda yang berada di daerah Indonesia Timur dan seluruh Indonesia.
  • Pipa hdpe supralon tersedia dengan bentuk roll mulai dari 250 meter, 100 meter, dan 50 meter sehingga meminimaliskan penggunaan fitting hdpe dan memperingan biaya pengiriman. Selain itu merk tersebut tersedia dalam bentuk batangan dengan panjang 6 meter.

3. Pipa HDPE Indopipe

Arti pipa hdpe indopipe adalah pipa yang bermerk indopipe dan diproduksi pabrik berlokasi jawa timur surabaya. Sehingga brand tersebut juga merupakan pilihan untuk anda yang berlokasi di Indonesia.

Contoh pipa hdpe indopipe:

  • Memiliki warna hitam strip kuning terlihat elegan.
  • Memiliki aneka ragam jenis pipa, baik pipa hdpe, telkom, dan lainnya.

4. Pipa HDPE Vinilon

Pengertian pipa hdpe vinilon adalah suatu brand yang memiliki merk vinilon. Pipa hdpe vinilon telah beroperasi sejak dahulu sehingga para juragan pasti mengetahui merk tersebut. Karena banyak sekali proyek yang menggunakan pipa hdpe vinilon.

Contoh pipa hdpe vinilon:

  • Memiliki sertifikat SNI, ISO dan lainnya
  • Menguasai beberapa pasara di Indonesia
  • Terbuat dari bahan material PE 100
  • Dan tersedia dalam bentuk roll maupun batangan

5. Pipa HDPE Maspion

Pengertian pipa hdpe maspion adalah pipa yang bermerk maspion. Siapa sih yang gak kenal brand maspion? saya rasa juragan mengenalnya. Maspion memiliki banyak sekali produk, dalam bidang perpipaan maspion juga merajai sebagaian besar pasar di Indonesia. Terutama pipa pvc maspion yang selalu jadi primadona segala proyek. Kualitas yang dimiliki pipa maspion tidak bisa diragukan lagi karena beberapa faktor yang mumpuni.

Contoh pipa hdpe maspion:

  • Pipa hdpe maspion memiliki warna hitam polos yang dikemas sedemikian rupa.
  • Maspion merupak brand yang telah lama beredar di Indonesia.
  • Memiliki sertifikat SNI, ISO dan lainnya yang telah teruji.
  • Dan memiliki karaketeristik food grade seperti pesaing pipa hdpe lainnya.

6. Pipa HDPE Inoac

Pengertian pipa hdpe inoac adalah pipa dengan merk yang diusung pabrik inoac. Ketika saya bahas merk inoac maka terlintas dalam benak ingin tidur juragan. Kenapa demikian? karena Inoac merupakan salah satu pabrik yang juga memproduksi springbed. Pasti juragan mengenalnya, inoac bisa dibilang baru dibidang perpipaan. Sehingga juragan mungkin jarang sekali mendengarnya. Meskipun terbilang baru namun pipa hdpe inoac sering kali dipakai untuk jaringan perpipaan di Indonesia.

Contoh pipa hdpe inoac:

  • Memiliki warna hitam dengan dilengkapi strip biru seperti wavin.
  • Tersedia dalam bentuk gulungan dan batangan.
  • Pipa hdpe inoac diproduksi mulai dari ukuran 1/2 sampai 16 inch
  • Tekanan bar yang dimiliki 3 jenis, yaitu pn 10, pn 12.5, dan pn 16.

Baca juga: Pipa HDPE Supralon Surabaya 2019

Demikian penjelasan ringkas mengenai pengertian pipa hdpe, spesifikasi pipa hdpe, dan merk pipa hdpe secara umum. Masih ada banyak lagi merk pipa hdpe yang dapat anda pilih juragan, nantikan artikel kami bertikutnya. Silakan hubungi tim kami untuk konsultasi dan pembelian “Klik“. klik link tersebut dan hubungi kami segera! Semoga artikel ini bermanfaat untuk wawasan anda bosku.

Summary
Pengertian Pipa HDPE? Spesifikasi Dan Merk Di Surabaya
Article Name
Pengertian Pipa HDPE? Spesifikasi Dan Merk Di Surabaya
Description
Pengertian Pipa HDPE? Spesifikasi Dan Merk Di Surabaya - Apa itu Pipa HDPE? Pengertian Pipa HDPE adalah Pipa High density polyethylene pabrik di area surabaya
Author
Publisher Name
Waladala
Publisher Logo

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *